Waspada Penipuan Kuota Internet Gratis

Jika melihat kondisi saat ini maka memang tidak salah apabila kuota internet dikatakan sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Hal itu tentu tidak terlepas dari peran internet yang dapat mempermudah aktivitas kita, mulai dari belajar, bekerja, berkomunikasi dan lain sebagainya.

Namun di tengah kebutuhan itu, ada saja oknum yang mencoba memanfaatkan situasi untuk melakukan penipuan dengan iming-iming kuota internet gratis. Agar tidak salah faham, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Waspada Penipuan Kuota Internet Gratis

Beberapa Hal Menarik Seputar Penipuan Kuota Internet Gratis

Saat mendengar kata gratis, maka tentu saja hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kita. Terlebih jika yang digratiskan adalah kuota internet yang notabene sangat dibutuhkan. Lantas benarkah kuota internet gratis itu ada? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

1. Info Biasanya Dibagikan Melalui SMS atau Chat

Pertama, biasanya informasi seputar kuota internet gratis itu akan dibagikan melalui SMS atau pun melalui chat pada aplikasi tertentu. Pesan atau chat tersebut akan begitu cepat tersebar dan tentu sebagian orang ada yang mempercayainya. Terlebih jika pesan itu dibagikan ke dalam sebuah group chat, sudah tentu akan menjadi konsumsi orang banyak.

2. Ada Sebuah Link yang Disematkan

Kedua, biasanya informasi kuota gratis tersebut akan membuat sebuah link tertentu. Pengguna yang memang ingin mendapatkan kuota harus mengklik link tersebut dan mengikuti seluruh petunjuk yang diberikan. Namun sebaiknya waspadalah, karena ini dapat menjadi awal yang buruk bagi kita.

3. Menjadi Gerbang Para Peretas

Sebagaimana yang telah disampaikan tadi bahwa dalam informasi kuota gratis tersebut akan ada sebuah link. Nah, link inilah yang dikhawatirkan dapat berpotensi menjadi gerbang para peretas untuk mengakses perangkat pengguna.

Tentunya jika telah diretas, maka akan sangat berpotensi untuk terambilnya data-data penting atau bahkan akun dari perangkat tersebut. Oleh karenanya, sebaiknya kita tidak mudah tergiur untuk mengklik iklan yang disematkan pada informasi tersebut.

4. Kebanyakan Hanya Hoaks

Keempat, kebanyakan dari informasi kuota gratis tersebut adalah hoaks. Hal ini sangat mungkin terjadi sebab di tengah besarnya kebutuhan terhadap kuota internet, maka ada saja oknum yang mencoba memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan tertentu. Kebenaran terhadap informasi kuota internet gratis pun dapat ditelusuri melalui website Kementerian terkait.

Jadi berdasarkan informasi di atas maka dapat disimpulkan bahwa kuota internet gratis yang biasanya dibagikan melalui pesan singkat kemungkinan besar adalah penipuan atau berita yang tidak benar.

Sebagai pengguna smartphone, sebaiknya kita lebih bijak lagi untuk menyikapi informasi yang demikian itu. Terlebih jika di dalamnya terdapat link tertentu, maka sebaiknya jangan asal klik, sebab akan dapat menjadi awal mula terjadinya peretasan. Semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Indotel