Tokopedia Blokir Akun Penjual Obat Melebihi HET

Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang akan memblokir akun pedagang jika menjual produk obat melebihi HET atau Harga Eceran tertinggi. Terutama untuk obat-obat yang digunakan ketika pandemi ini.

Tokopedia menyatakan akan langsung memblokir akun pedagang jika melakukan penjualan produk obat dengan harga melebihi HET yang sudah ditetapkan. Apalagi yang menetapkan harga disini adalah Kementerian Kesehatan.

Tokopedia Siap Blokir Akun Penjual Produk Obat Melebihi HET

Tokopedia Memblokir Produk-Produk Berbahaya

Selain melarang tayangan produk obat dengan harga melebihi HET, Tokopedia juga akan memblokir produk-produk yang berbahaya. Bahkan sudah sejak tahun lalu, e-commerce ini menutup secara permanen toko online yang terbukti melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh e-commerce dengan nuansa hijau satu ini.

Tokopedia juga menghimbau para pedagang yang menjual produk melalui platformnya untuk tidak menaikkan harga dan mencegah terjadinya upaya penimbunan yang seringkali terjadi di masa pandemi seperti ini.

Kementerian Kesehatan Di Indonesia sebelumnya sudah menetapkan HET untuk 11 obat yang biasanya digunakan selama masa pandemi ini. Ini adalah harga jual yang tertinggi bahkan melebihi di apotek, klinik, rumah sakit atau fasilitas kesehatan di Indonesia lainnya.

Dengan adanya HET ini, harga obat yang melonjak naik bisa diantisipasi dengan baik dalam beberapa pekan terakhir ini. Jadi bagi penjual yang ingin menjual obat-obatan melebihi HET harus “siap-siap jika nanti pihak Tokopedia memblokir akunnya. Karena HET ini seperti yang sudah dikatakan tadi sudah ditetapkan oleh kementrian kesehatan Indonesia.

Tokopedia terus menghimbau para penjual untuk tetap menjaga harga dan tidak melakukan upaya-upaya seperti penimbunan obat-obatan. Di awal pandemi, e-commerce ini memang terus berupaya memastikan kepada semua masyarakat Indonesia jika produk kesehatan yang dijual di platformnya memiliki harga-harga yang wajar.

Dan Tokopedia pun sudah menutup secara permanen toko-toko yang terbukti melanggar. Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan pemerintah supaya memberikan batas harga sehingga kebijakan ini dapat dilakukan secara merata. Dan upaya seperti ini juga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan produk-produk kesehatan yang memang semakin sulit di masa pandemi ini.

Meski Tokopedia adalah marketplace yang sifatnya UGC atau User Generated Contect, tapi platform ini tetap akan memastikan jika semua pihak yang mengunggah produknya di platform ini tetap sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

Jika memang ada penjual yang melanggar, tentu akan mendapatkan hukuman yang berlaku misalnya memeriksa toko tersebut, menurunkan konten, memblokir akun atau toko dan tindakan lain sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tidak hanya Tokopedia saja tapi beberapa marketplace lain juga melakukan upaya yang sama guna memudahkan pemerintah dalam mengatasi adanya penjual-penjual nakal yang ingin menjajakan produknya dengan harga yang tinggi.

Download Aplikasi Indotel