Tips Pilih Ponsel dengan Jaringan 5G Indosat

Setelah Telkomsel, Indosat Ooredoo menjadi operator selanjutnya yang menggelar layanan jaringan internet 5G di Indonesia. Dengan hadirnya operator lain yang menjalankan layanan jaringan 5G ini pastinya membuat masyarakat semakin tertarik untuk mencoba bagaimana keunggulan layanan tersebut.

Meski demikian, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal karena tidak semua ponsel 5G akan sesuai dengan jaringan 5G Indosat. Pastikan untuk memilih perangkat yang benar-benar tepat untuk mencicipi layanan jaringan internet generasi kelima Indosat tersebut.

Tips Pilih Ponsel dengan Jaringan 5G Indosat

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Ponsel Jaringan 5G Indosat

Meskipun sudah ada beberapa perangkat ponsel jaringan 5G yang tersedia di Indonesia, nyatanya tak semua ponsel tersebut mampu mendukung layanan jaringan internet tersebut.

Indosat Ooredoo sendiri menjalankan layanan jaringan 5G pada spektrum 1800 MHz yang mana frekuensi ini sama dengan frekuensi yang digunakan pada jaringan 4G LTE. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin memilih ponsel 5G untuk jaringan Indosat.

1. Chipset Nya Sesuai

Pastinya setiap ponsel yang ada selalu ditopang chipset. Namun, tak semua chipset mampu mendukung layanan jaringan 5G dengan optimal. Dalam hal ini, bila Anda mencari ponsel yang mendukung layanan jaringan 5G Indosat, pastikan perangkat tersebut memiliki chipset yang 5G ready serta mendukung frekuensi jaringan yang memadai. Karena jaringan 5G Indosat berjalan di frekuensi 1800 MHz maka pilih perangkat ponsel 5G yang mendukung frekuensi tersebut.

2. Memiliki Dual Band Combo

Selanjutnya, pilihlah ponsel yang memiliki band combo pada modem 5G ponsel tersebut. Saat ini, layanan jaringan 5G Indosat masih menggunakan sistem NSA sehingga tak hadir berdiri sendiri dan membutuhkan carrier dari band lainnya.

Jadi, misalnya Indosat menggunakan band N3 untuk data plane maka ini akan membutuhkan control plane di band B1 atau band lainnya. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui apakah ponsel yang akan digunakan memiliki konfigurasi demikian dan sesuai dengan band yang berlaku. Bila tidak maka meskipun Anda menggunakan ponsel 5G maka tetap akan terasa 4G saja.

3. Perhatikan Fitur Pendukung

Ketika Anda memang ingin menikmati jaringan 5G Indosat maka Anda tentu berharap bisa menggunakannya untuk hal-hal yang luar biasa. Pasalnya, ini akan jadi hal yang percuma ketika Anda hanya menggunakan jaringan 5G tersebut untuk membuka platform tinder.

Untuk mendukung kenyamanan Anda dalam menikmati jaringan super cepat 5G Indosat maka Anda membutuhkan ponsel dengan daya baterai berkapasitas besar serta menggunakan sistem pengisian daya yang cepat.

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih ponsel yang sesuai dengan jaringan 5G Indosat, ada mungkin membutuhkan beberapa rekomendasi ponsel seperti OPPO A74 5G, OPPO Reno5 5G, Find X3 Pro, dan Find X2 Series.

Tentunya, ketika Anda ingin menikmati layanan jaringan 5G Indosat maka Anda tak hanya perlu memilih ponsel yang tepat. Anda pun membutuhkan lokasi yang memadai jaringan tersebut. Perlu diingat, hingga saat ini, layanan jaringan 5G Indosat hanya tersedia di beberapa wilayah saja dengan jangkauan yang masih sangat terbatas.

Download Aplikasi Indotel