Tips Memilih Smartphone yang Cocok untuk Jaringan 5G

Jaringan 5G sudah masuk di Indonesia. Telkomsel dan Indosat menjadi dua provider pertama yang menggelar jaringan internet paling mutakhir ini. Meskipun jangkauannya masih sangat terbatas, nyatanya hal ini cukup menarik perhatian para pengguna smartphone.

Banyak yang tertarik untuk mencoba kecanggihan jaringan 5G hingga berbondong-bondong mencari smartphone 5G. Namun, perlu diketahui bahwa tak semua smartphone sudah mendukung jaringan 5G sehingga diperlukan beberapa tips dalam memilih smartphone yang bisa menggunakan jaringan 5G.

Baca Juga: Smartphone Yang Sudah Menggunakan Jaringan 5G

Tips Memilih Smartphone yang Cocok untuk Jaringan 5G

Cara Memilih Smartphone 5G

Hingga saat ini belum semua smartphone 5G yang ada di pasaran kompatibel dengan jaringan internet 5G yang ada di Indonesia. Ada sejumlah persyaratan khusus yang perlu dipenuhi supaya bisa menikmati pengalaman asyik berinternet dengan jaringan 5G. berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih smartphone yang cocok untuk menggunakan jaringan 5G di Indonesia.

1. Perhatikan Dukungan Chipset 5G

Hal pertama yang dibutuhkan ketika Anda ingin menggunakan jaringan 5G adalah pastikan perangkat smartphone Anda sudah dilengkapi dengan dukungan chipset 5G yang mana setidaknya sudah memiliki modem dengan frekuensi 5G di Indonesia. Salah satu chipset yang banyak direkomendasikan adalah Qualcomm Snapdragon 765G.

2. Jangan Lupa Baterai dan Fitur Fast Charging

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan ketika akan memilih ponsel 5G adalah dilihat dari segi daya. Dengan jangkauan jaringan 5G yang masih sangat terbatas saat ini pastinya menjadikan smartphone akan bekerja lebih keras untuk menyediakan konektivitas jaringan 5G. Hal ini memberikan dampak pada kapasitas baterai ponsel yang lebih cepat terkuras.

Inilah mengapa ketika Anda ingin menikmati jaringan 5G sebaiknya Anda memilih perangkat smartphone dengan kapasitas baterai cukup besar setidaknya 4000 mAh atau lebih. Selain itu, untuk memudahkan dalam pengisian ulang daya maka Anda sebaiknya juga memilih smartphone yang didukung dengan sistem pengisian fast charging atau pengisian daya cepat.

Namun demikian, Anda sebaiknya juga tidak terburu-buru belanja ponsel 5G terlebih dahulu. Meskipun jaringan 5G kini sudah tersedia dan dinilai jauh lebih canggih dibandingkan jaringan sebelumnya yaitu 4G, namun hal ini bukan berarti bahwa jaringan 4G sudah tak layak digunakan.

Bahkan, peningkatan terhadap kualitas jaringan $g hingga saat ini masih terus dilakukan. Selain itu, dengan jangkauannya yang masih sangat terbatas saat ini, pastinya membeli ponsel 5G yang harganya pun cukup mahal dinilai menjadi hal yang sia-sia. Selain itu, jaringan 5G sendiri saat ini terbilang belum matang sepenuhnya yang mana masih memerlukan banyak pengembangan.

Bila Anda memang tertarik untuk menemukan smartphone 5G, setidaknya kedua syarat yang disebutkan di atas hendaknya dipenuhi. Hingga saat ini, baru ada empat smartphone 5G yang dijual secara resmi di Indonesia yaitu Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Mi 10, dan Huawei P40 Pro.

Download Aplikasi Indotel