Tips Hemat Ongkir saat Belanja Online di Tokopedia

Belanja online memang praktis dan juga menjadi pilihan paling aman di masa pandemi seperti sekarang. Supaya belanja online lebih ramah di kantong maka bisa belanja di Tokopedia. Sebab bisa menikmati fitur gratis ongkir di sejumlah toko bertanda khusus. Biaya ongkir memang lumayan, dengan adanya fitur tersebut maka bisa menghemat sampai belasan bahkan puluhan ribu per transaksi.

Tips Hemat Ongkir saat Belanja Online di Tokopedia

Tips Hemat Ongkir saat Belanja

Ongkir atau ongkos pengiriman merupakan salah satu biaya tambahan saat belanja online dilakukan. Semakin jauh lokasi toko dengan alamat rumah maka semakin mahal ongkir yang ditanggung. Selain itu juga dipengaruhi oleh berat dari produk yang dibeli, semakin berat dan banyak maka semakin mahal pula ongkirnya.

Ongkir kemudian menjadi salah satu aspek yang banyak diperhatikan oleh pelaku belanja online. Memahaminya, Tokopedia kemudian menawarkan solusi untuk menghemat ongkir. Selain itu, perlu pula memaksimalkanya dengan beberapa tips berikut ini:

Belanja Via Aplikasi

Tips pertama adalah belanja di Tokopedia melalui aplikasi. Sebab belanja yang dilakukan lewat website tidak akan mendapatkan promo gratis ongkir. Supaya promo ini didapatkan maka bisa memilih belanja via aplikasi. Instal dulu aplikasinya ke smartphone, bisa didapatkan gratis di Play Store maupun di App Store.

Memilih Toko Gratis Ongkir

Tokopedia adalah sebuah marketplace yang membantu banyak penjual untuk menggelar lapak. Sebagai pembeli dijamin akan menemukan banyak penjual dengan produk yang sama. Selain itu, banyaknya penjual membuat Tokopedia menyediakan produk yang variatif.

Meskipun Tokopedia menyediakan promo Gratis Ongkir, namun hanya berlaku untuk toko bertanda khusus. Biasanya ada keterangan Gratis Ongkir pada saat melihat produk hasil rekomendasi. Utamakan toko dengan tanda khusus ini agar bisa klaim voucher Gratis Ongkir dengan minimal pembelanjaan Rp 50.000 saja.

Bijak Memilih Ekspedisi Pengiriman

Jika transaksi yang dilakukan di bawah Rp 50.000 maka voucher Gratis Ongkir belum bisa digunakan. Solusi lain untuk menghemat biaya pengiriman adalah dengan memilih ekspedisi yang tepat. Biasanya jenis ekspedisi ini sesuai dengan pilihan penjual dan tersedia banyak pilihan. Silahkan mencari ekspedisi yang biayanya paling murah.

Mencari Toko Terdekat

Tips hemat ongkir berikutnya adalah mencari toko terdekat, utamakan yang satu kota atau minimal satu provinsi. Sebab semakin dekat lokasinya maka semakin murah ongkos pengiriman yang ditanggung. Tokopedia hanya memberikan gratis ongkir sampai Rp 20.000 jadi jika tokonya jauh akan ada sisa ongkir yang harus dibayar mandiri.

Bandingkan Harga Produk Sejenis

Kemudian, pastikan sudah membandingkan produk. Pilih harga terbaik dari toko terdekat. Jika tidak ada, bandingkan dengan toko yang harganya lebih mahal namun ongkirnya paling murah.

Jika tips di atas diterapkan maka dijamin tidak lagi terbebani dengan ongkos pengiriman. Belanja di Tokopedia kemudian memaksimalkan tips di atas karena tersedia fitur Gratis Ongkir yang diberikan kepada seluruh pengguna.

Download Aplikasi Indotel