Tips Belanja Online Cerdas dan Tidak Boros

Kini dengan adanya perkembangan teknologi, berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk untuk berbelanja aneka produk. Cukup dengan mengakses smartphone dan aplikasi e commerce terpercaya, maka masyarakat telah dapat berbelanja kebutuhan mereka. Namun dibalik itu, tetap saja kemudahan tersebut harus dikontrol, agar tidak menimbulkan persoalan baru. Kali ini akan dibagikan beberapa tips berbelanja secara tepat dan hemat.

Tips Belanja Online Cerdas dan Tidak Boros

4 Tips Berbelanja Hemat Secara Online

Berbelanja online memang sangat menyenangkan, sebab transaksi yang mudah dan tidak mengharuskan konsumen ke luar rumah. Namun tetap saja hal itu harus disikapi dewasa, agar tidak menimbulkan perilaku boros. Terkait dengan ini, berikut beberapa tips yang dapat membuat konsumen berbelanja hemat secara online.

1. Rencanakan Barang yang Ingin Dibeli

Tips pertama untuk berbelanja hemat secara online adalah rencanakan barang yang ingin dibeli. Agar tidak kalap dalam berbelanja, sebaiknya list barang-barangnya yang ingin dibeli. Utamakan barang yang menjadi kebutuhan pokok dibandingkan barang-barang lainnya. Pastikan barang yang dibeli adalah barang yang berada di dalam daftar tersebut dan tidak terpikat dengan barang yang berada di luar daftar.

2. Manfaatkan Event Promo

Kedua, coba untuk memanfaatkan event promo. Biasanya setiap ecommerce memiliki event promo pada waktu tertentu. Terkadang pada event tersebut ditawarkan potongan harga yang cukup besar, sehingga akan sangat membantu kita untuk berhemat. Bahkan terkadang sebuah event dilangsungkan dalam waktu yang sangat singkat, sehingga hanya mereka yang beruntunglah yang akan mendapatkan manfaatkan event tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk memantau perkembangan e commerce tersebut agar mengetahui event yang sedang berlangsung.

3. Gunakan Voucher yang Disediakan

Tips ketiga yang dapat dilakukan adalah menggunakan voucher yang disediakan. Voucher ini biasanya dapat berasal dari penyedia e commerce dan dapat pula dari toko yang dituju. Konsumen dapat memanfaatkan voucher tersebut guna mengurangi jumlah tagihan. Misalnya voucher gratis ongkir yang dapat membantu mengurangi jumlah biaya kirim dan voucher diskon harga special untuk mengurangi harga dari barang yang dibeli.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Sebagai penutup, gunakanlah metode pembayaran yang aman. Setiap ecommerce tentu memiliki metode pembayaran tersendiri. Konsumen dapat memilih metode pembayaran yang sekiranya paling aman dan sesuai dengan kemampuan. Terkadang beberapa metode juga akan membantu konsumen untuk mendapatkan potongan harga special.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami bahwa untuk membantu konsumen berhemat ketika berbelanja online maka perlu kiranya membuat daftar belanja, memanfaatkan promo dan voucher, hingga menggunakan metode pembayaran yang aman.

Mari sama-sama cerdas dan bijak dalam belanja agar benar-benar mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan semuanya, khususnya dalam hal berbelanja online.

Download Aplikasi Indotel