Tips Aman Belanja di Shopee agar Tak Tertipu

Saat ini, Shopee menjadi salah satu marketplace atau e-commerce yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pelayanan yang terus ditingkatkan guna memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan saat berbelanja online menjadikan e-commerce yang identik dengan nuansa warna oranye ini begitu lekat di hati pecinta belanja online.

Namun, apakah belanja di Shopee benar-benar aman serta bisa terhindar dari aksi penipuan yang marak terjadi di dunia bisnis online? Adakah kiat-kiat khusus yang bisa membantu untuk menghindarkan risiko penipuan saat belanja di Shopee?

Tips Aman Belanja di Shopee agar Tak Tertipu

Kiat Jitu Belanja Aman di Shopee

Meskipun Shopee merupakan sebuah e-commerce, hal ini tidak bisa menjamin 100% bahwa tidak akan terjadi aksi penipuan melalui marketplace tersebut.

Ada banyak oknum seller yang bisa saja memanfaatkan popularitas e-commerce ini untuk mendapatkan keuntungan melalui cara-cara penipuan.

Meski demikian, Anda sebaiknya tak terlalu khawatir untuk belanja online di Shopee selama Anda pun bisa lebih cermat dan teliti. Berikut ini ada beberapa tips aman belanja di Shopee supaya terhindar penipuan.

1. Periksa Review Produk

Saat Anda ingin belanja sebuah produk, Anda biasanya akan mengetikkan kata kunci di pencarian. Selanjutnya, Anda akan menemukan berbagai produk dari seller yang berbeda sebagai hasil pencarian tersebut. Hal yang banyak dilakukan pembeli adalah fokus ke harga yang ditawarkan dan buru-buru memilih yang paling terjangkau.

Bila Anda tak ingin salah beli, Anda sebaiknya tak hanya fokus pada harga produk saja. Anda periksa terlebih dahulu bagaimana review atau ulasan dari produk yang akan Anda beli tersebut di toko yang bersangkutan.

Anda bisa melihat bagaimana komentar pembeli lainnya, melihat foto yang dikirimkan pembeli, serta rating yang diberikan pembeli.

Bila ternyata ulasan yang diberikan pembeli menunjukkan kekecewaan terhadap pelayanan seller ataupun kualitas produk, maka Anda sebaiknya tak ragu untuk mencari produk yang Anda inginkan pada seller lainnya.

2. Penilaian Rating Seller diatas 4

Bila Anda ingin cara yang lebih cepat untuk menemukan seller terpercaya dengan produk yang kualitasnya bagus maka Anda sebaiknya tak melewatkan untuk melihat bagaimana penilaian yang dimiliki seller tersebut terutama untuk produk yang Anda ingin beli.

Pastikan memilih seller dengan penilaian di atas 4, alangkah baiknya bila di atas 4.5. Penilaian tersebut menunjukkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan serta produk yang ditawarkan seller.

3. Jangan Lupa Perhatikan Presentase Balas Chat

Hal ini tak kalah penting untuk diperhatikan ketika Anda tak ingin tertipu saat belanja di Shopee. Anda sebaiknya memilih seller yang memberikan respon atau balasan chat cepat. Ini akan memudahkan Anda ketika ingin melakukan komplain terhadap produk yang Anda terima saat belanja.

4 Pastikan Melakukan Transaksi hanya di Shopee

Salah satu cara penipu dalam melakukan aksinya di Shopee adalah dengan mengajak pembeli melakukan transaksi di luar Shopee.

Ada berbagai dalih atau alasan yang bisa digunakan seller supaya pembeli mau melakukan transaksi di luar Shopee entah melalui telepon, SMS, WA, atau lainnya. Untuk menghindari risiko penipuan, pastikan untuk selalu melakukan transaksi, obrolan, atau apapun melalui Shopee.

Selain itu, pastikan juga tidak mudah percaya ketika ada yang menghubungi Anda dengan mengatasnamakan Shopee untuk meminta verifikasi kode OTP Shopee ataupun lainnya.

Ini merupakan cara penipuan lain yang cukup sering terjadi di kalangan pengguna Shopee. Jadi, pastikan untuk selalu cermat dan waspada saat Anda ingin belanja di Shopee supaya terhindar dari risiko penipuan.

Download Aplikasi Indotel