Mengetahui Tagihan PLN Online Dan Cara Pembayarannya di Shopee

tagihan-pln-online

Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting untuk setiap orang. Tanpa listrik rumah-rumah dan jalan akan gelap gulita. Namun masih saja ada beberapa orang yang lupa membayar listrik setiap bulannya. Padahal pembayaran tagihan PLN online sudah sangat memudahkan banyak orang. Lupa membayar listrik ini bisa memberikan dampak mulai dari pembayaran denda sampai pemutusan listrik.

Jika aliran listrik diputus akan sulit untuk menyambungkan kembali kecuali memasang seperti saat pertama kali menyambung listrik. Oleh sebab itulah diharuskan supaya tidak sampai lupa untuk membayar listrik dan tidak terjadi denda atau pemutusan aliran arus listrik.

Kelebihan Membayar Listrik Online yang Perlu Diketahui

Zaman yang semakin canggih memang memberikan keuntungan bagi banyak orang. Salah satunya ketika ingin melakukan pembayaran listrik pasca bayar. Dengan adanya pembayaran listrik secara online, tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Diantaranya sebagai berikut ini.

1. Efisiensi Waktu

Untuk kelebihan satu ini menjadi salah satu kelebihan utama pembayaran online dibandingkan pembayaran offline. Dengan membayar listrik secara online maka akan jauh lebih efisien dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

2. Hemat Tenaga

Selain itu juga menghemat waktu dan tenaga dimana tidak perlu berkunjung ke kantor layanan untuk antre membayar tagihan listrik. Pembayaran listrik secara online bisa dilakukan di rumah dan dimana saja. Pastikan bahwa smartphone yang digunakan untuk membayar listrik online mempunyai jaringan internet bagus supaya proses pembayaran berjalan lancar.

3. Irit Biaya

Ketika membayar listrik secara online maka otomatis irit biaya. Jika membayar tagihan listrik offline biasanya akan mengeluarkan biaya tambahan seperti beli bensin dan bayar tukang parkir. Selain itu juga bisa dikenakan biaya jasa karena membayar di agen. Dengan melakukan pembayaran secara online tidak akan dikenakan biaya-biaya tambahan tersebut.

4. Mencegah Terlambat Membayar Listrik

Kelebihan lain yang didapatkan dari pembayaran online adalah tidak akan terlambat melakukan pembayaran. Ini dikarenakan sudah banyak aplikasi yang memiliki fitur jadwal pembayaran. Jadi tidak akan lagi yang namanya lupa atau terlambat melakukan pembayaran listrik.

Cara Mengecek Tagihan Listrik di Shopee

Hadirnya fitur pembayaran listrik online di Shopee memang memudahkan dalam pengecekan dan pembayaran. Untuk yang ingin mengecek tagihan listrik sebelum pembayaran atau sudah dibayarkan atau belum bisa dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu Pulsa, Tagihan & Tiket.
  • Di bagian Tagihan, Klik Listrik PLN.
  • Selanjutnya pilih Tagihan Listrik dan masukkan No. Meter/ID Pelanggan, klik Lanjut.
  • Jumlah tagihan listrik akan tertera di layar ponsel.

Cara Bayar Listrik Lewat Shopee

Bagi yang ingin membayar tagihan PLN online lewat Shopee caranya serupa dengan pengecekan tagihan. Hanya saja dilanjutkan sampai ke tahap pembayaran. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu Pulsa, Tagihan & Tiket.
  • Di bagian Tagihan, Klik Listrik PLN.
  • Selanjutnya pilih Tagihan Listrik dan masukkan No. Meter/ID Pelanggan, klik Lanjut.
  • Nantinya jumlah tagihan akan muncul, selanjutnya pilih metode pembayaran.
  • Klik Bayar Sekarang.
  • Konfirmasi pembelian bisa dilihat dengan klik Transaksi di halaman utama Pulsa, Tagihan & Tiket.

Demikianlah cara mengecek dan membayar tagihan PLN online dengan aplikasi Shopee. Membayar listrik online sendiri tidak hanya bisa menggunakan aplikasi Shopee. Tetapi juga bisa memanfaatkan aplikasi Indotel, yang mana memang aplikasi khusus untuk segala pembayaran. Selain itu juga bisa bermitra dengan Indotel untuk jual produk digital.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya