Mengenal Apa itu Stok Modern Channel dalam Bisnis Pulsa

Di zaman yang serba cepat, kebutuhan alat komunikasi semakin berkembang dan meningkat permintaannya. Hadirnya smartphone pun harus diimbangi dengan kebutuhan pulsa. Dengan begitu bisa digunakan untuk komunikasi baik untuk telepon, SMS atau lainnya. Kebutuhan akan pulsa ini semakin dimudahkan dengan layanan stok modern channel yang siap membantu kapan saja.

Peningkatan kebutuhan ponsel dan pulsa membuat banyak yang menjual pulsa dengan beragam cara. Sebagai contohnya adalah ditemukannya counter pulsa di pinggir jalan. Ada pula yang memanfaatkan jasa biller, dimana konsumen hanya perlu mengetikkan nomor dan nominal. Maka jasa biller akan mengisi sesuai dengan permintaan konsumen.

Apa Itu Modern Channel (Mochan)? Simak Penjelasannya!

Modern channel atau yang disebut sebagai mochan merupakan pemanfaatan membeli atau menjual pulsa lewat perusahaan-perusahaan relasi berkembang. Memang masih ada yang memakai jasa biller pulsa dan M-KIOS. Namun saat ini sudah banyak pelanggan yang membeli pulsa tanpa ribet dan tanpa terbatas waktu beralih ke stok modern channel.

Ini dikarenakan stok mochan memang sudah terhubung dengan semua operator, jadi memudahkan banyak konsumen dalam pembelian pulsa. Untuk mengambil stok mochan ini harus melakukan kerja sama dengan perusahaan switching. Dimana proses pengambilan stok mochan memakai transaksi via XML (Extensible Markup Language) atau transaksi via IP ( Internet Protocol).

Jika memiliki server pulsa maka harus ada IP statis untuk mengambil stok mochan dan menggunakan software pulsa di dalam fitur yang support mengambil produk tersebut. Apabila tidak mempunyai IP statis & serve rtidak bisa digunakan untuk transaksi lewat IP maka bisa menggunakan alternatif Jabber.  Sekarang ini sudah banyak server pulsa yang berjualan stok mochan lewat XMPP atau Jabber.

Kelebihan dan Kekurangan dari Stok Mochan

Dengan memanfaatkan stok mochan maka akan mendapatkan beberapa keuntungan dan kekurangan. Berikut ini keuntungan yang perlu diketahui dari stok mochan.

  • Tidak terpengaruh pada system hard cluster, jadi bisa menjual pulsa ke konsumen di mana saja.
  • Harga yang ditawarkan sesuai nominal atau kadang lebih murah karena terjadinya pemangkasan jalur distribusi atau hanya lewat perusahaan switching.
  • Proses transaksi lebih cepat, tetapi bergantung dari koneksi internet yang digunakan.
  • Berkesempatan melakukan penjualan dalam payment point system dengan banyak produk. Seperti pulsa elektrik, layanan pembayaran tagihan listrik, cicilan kredit, sampai pembelian tiket untuk pesawat dan kereta api.

Selain itu stok mochan ini juga memiliki kekurangan seperti berikut ini:

  • Tidak adanya fasilitas komplain jika pulsa tertunda ketika pengiriman.
  • Tidak bisa refund jika proses isi pulsa gagal. Jika pun bisa maka untuk prosesnya membutuhkan waktu maksimal 1 minggu.
  • Membutuhkan SDM dan modal materi yang cukup, ini dikarenakan server perlu mempunyai koneksi internet andal dan harus memberikan pelatihan pada operator.

Demikianlah pembahasan mengenai stok modern channel yang perlu diketahui beserta kelebihan dan kekurangannya. Bagi yang ingin membuka bisnis pulsa, tetapi belum menemukan mitra terbaik. Maka bisa menggunakan aplikasi Indotel untuk berjualan pulsa. Aplikasi ini sendiri pun tidak hanya menyediakan produk pulsa saja tetapi juga produk digital lainnya.

Diantaranya ada paket data all operator, voucher game, pembayaran tagihan listrik, dan masih banyak lainnya. Untuk proses registrasi pun mudah dan bisa langsung berjualan produk digital. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur report target bulanan untuk mengetahui laba rugi pada bisnis yang sedang dijalankan.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Segera Daftar Jadi Agen Gratis & Bisa Di Downline-kan

Download Segera Aplikasi Indotel

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya