Resiko Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater

Mungkin beberapa diantara Anda pasti sudah mengenal dengan metode pembayaran shopee yang menggunakan shopee paylater? Perlu diketahui, shopee paylater tidak berbeda jauh dengan produk paylater lainnya misalnya traveloka, ovo dan sebagainya.

Jadi jika Anda telat bayar tagihan atau tidak membayar tagihan setelah jatuh tempo pasti ada sanksi atau denda yang akan diberikan oleh pihak Shopee untuk Anda.

Dengan memilih metode pembayaran dengan menggunakan shopee paylater, artinya Anda sedang berhutang dengan shopee. Jadi Anda harus membayar dengan sistem cicilan atau langsung melunasinya juga bisa.

Jika Anda berhutang, otomatis Anda harus membayar hutang Anda. Anda harus bertanggunjawab membayar hutang Anda jika ingin limit kredit Anda meningkat.

Resiko Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater

Apakah Ada Denda Yang Diberikan Jika Telat Bayar Tagihan Shopee paylater?

Untuk Anda yang memilih melakukan transaksi dengan pembayaran menggunakan shopee paylater, Anda harus membayar tagihannya sesuai dengan jatuh tempo yang ditentukan. Tapi jika Anda telat bayar, otomatis Anda harus membayar biaya tambahan atau dendanya.

Adapun untuk besaran dendanya sendiri adalah 5% dari jumlah tagihan. Jadi misalnya Anda membeli produk di shopee sebesar 100 ribu rupiah di tanggal 25 November, maka Anda harus membayarnya kembali paling lambat 5 Desember.

Dan jika Anda membayar tagihan lewat dari batas tanggal yang sudah ditetapkan, Anda akan mendapatkan denda sebesar 5% dari tagihan Anda. Itu artinya, denda yang harus dibayar adalah sebesar 5 ribu rupiah. Jadi ketika Anda ingin melunasi hutang Anda, maka Anda harus melunasinya dengan uang sebesar 105 ribu rupiah.

Selain itu, untuk Anda yang sudah pernah menggunakan shopee paylater dan terlambat membayar tagihan, maka Anda tidak bisa menggunakan metode pembayaran ini lagi hingga Anda melunasi cicilah yang Anda miliki. Dengan demikian, jika Anda ingin melakukan pembelian di Shopee, Anda harus gunakan metode pembayaran yang lain.

Tenang saja, di Shopee, metode pembayaran sangat beragam jadi Anda bisa gunakan metode lain seperti ATM BCA, BNI, BRI dan sebagainya. Atau jika Anda tetap ingin mencicil barang tersebut bisa dengan Kredivo, Akulaku dan Kartu kredit.

Penting untuk Anda yang ingin menggunakan fasilitas menarik shopee paylater ini, sebaiknya pertimbangkan kemampuan Anda pada saat membayarnya nanti. Jadi jangan pernah berhutang jika Anda tidak bisa mengembalikan hutang tersebut.

Dan jika Anda takut dengan metode pembayaran semacam ini karena takut riba, maka sebaiknya jangan gunakan metode shopee paylater supaya Anda tidak terjebak ke dalam hutang seperti ini. Jadi bisa gunakan pembayaran secara cash jika Anda memiliki uangnya. Tapi jika memang tidak memiliki uang yang cukup, tunda saja dulu.

Download Aplikasi Indotel