Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Sebuah Usaha

Lumrahnya setiap segala sesuatu yang dilaksanakan menggunakan uang, maka harus ada laporannya. Mengapa harus ada? Laporan tersebut menjadi bukti pertanggung jawaban tentang penggunaan uang itu sendiri.

Hal ini pun juga penting untuk disadari bagi kita yang memiliki sebuah usaha. Hendaklah setiap usaha itu dibuatkan laporan keuangannya, sehingga aliran uang menjadi lebih jelas dan bisa dipertanggung jawabkan.

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Sebuah Usaha

4 Manfaat Laporan Keuangan

Sebagaimana telah disampikan di awal tadi bahwa laporan keuangan merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah bisnis. Laporan ini akan memuat sejumlah catatan tentang penggunaan keuangan, jumlah pendapatan, hingga laba yang berhasil diperoleh. Berikut ini akan disampaikan 4 manfaat laporan keuangan bagi sebuah bisnis.

1. Mengetahui rinci penggunaan modal

Sebagai pemilik bisnis tentu kita harus tahu bagaimana penggunaan modal dari usaha yang dikelola. Apa yang dibeli dan berapa sisanya, semua itu harus diketahui secara pasti. Nah, hal ini akan sangat mudah diketahui apabila usaha memiliki laporan keuangan. Sebab pada laporan tersebut akan tercatat secara jelas berapa banyak modal yang telah digunakan dan berapa sisanya.

2. Mengetahui laba dari usaha

Manfaat berikutnya dari laporan keuangan bagi sebuah usaha adalah mengetahui laba dari usaha tersebut. Besar atau kecilnya laba dapat diperhitungkan melalaui laporan keuangan. Oleh karenanya, penting bagi setiap pemilik usaha untuk memperhatikan laporan keuangan mereka. Pastikan laporan itu ada dan tercatat dengan benar sesuai dengan fakta berjalannya usaha tersebut.

3. Memilik dasar untuk mengambil keputusan

Laporan keuangan juga dapat menjadi dasar untuk mengambil keputusan. Ketika kita telah mengetahui besar modal dan laba yang didapat tentu akan lebih mudah untuk mengambil keputusan. Apakah usaha layak dilanjutkan atau tidak? Atau justru ingin mengembangkannya lebih baik lagi. Semua ini akan terbantu dengan adanya laporan keuangan yang dimiliki usaha tersebut.

4. Menjadi moda untuk mengembangkan bisnis

Sebagaimana telah sempat disinggung di poin sebelumnya bahwa laporan keuangan juga dapat membantu untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Laporan ini nantinya akan memberikan gambaran tentang langkah-langkah yang diambil.

Selain itu, adanya laporan tersebut juga dapat menjadi bukti administratif bila kita melibatkan investor dalam usaha tersebut. Mereka akan menjadi lebih percaya jika laporan itu ada dan dapat dipertanggung jawabkan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari laporan keungan bagi setiap usaha. Mengingat beberapa manfaat yang penting itu, maka hendaknya setiap pelaku usaha memperhatikan laporan keuangan mereka. Pastikan laporan tersebut dibuat dengan baik dan benar, serta bisa dipertanggung jawabkan.

Bila perlu tugaskan seorang karyawan yang memang memiliki wewenang untuk membuat laporan ini. Tentunya karyawan tersebut harus memiliki kecakapan skill dan juga moril, sehingga dapat dipercaya untuk mengemban tugas itu.

Download Aplikasi Indotel