Panduan Pesan Saham IPO BukaLapak

Bukalapak akan melaksanakan IPO atau Initial Public Offering dengan cara melepaskan saham baru sekitar 25% dari jumlah modal yang dimilikinya dan disetorkan penuh setelah IPO dilaksanakan.

Di awal penawarannya, Bukalapak menetapkan harga penawaran saham sekitar 750-850 rupiah per sahamnya. Dan dari total saham baru yang akan dilepas nanti, startup teknologi unicorn ini akan memberikan jatah untuk investor retail lewat penjatahan terpusat paling kecil sebesar 2,5% dan jika terjadi kelebihan akan disesuaikan nanti.

Panduan Pesan Saham IPO BukaLapak

Cara Pemesanan Saham BukaLapak IPO

Untuk Anda yang ingin melakukan pemesanan saham IPO, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara pemesanannya melalui linknya disini. Di dalam link ini ada 4 informasi yang akan didapatkan oleh investor misalnya saja informasi terkait emisi saham bukalapak, berapa harga sahamnya, FPPS atau Formulir Pemesanan Pembelian Saham serta prospektus.

Jika ingin membeli atau memesan saham IPO Bukalapak, Anda perlu memiliki sub rekening efek yang ada di bank kustodian atau perusahaan efek yang sudah menjadi Pemegang Rekening KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia. Dan pemesan saham IPO Bukalapak wajib melengkapi terlebih dahulu FPOPSnya dan mengirimkan form tersebut melalui media elektronik ke perusahaan efek dimana pemesannya nanti harus memuat beberapa data seperti berikut ini:

  1. Nama pemesan
  2. Nomor SRE atau Sub Rekening Efek
  3. SID atau Single Investor Identification
  4. Jumlah saham yang akan dipesan
  5. RDN atau Rekening Dana Nasabah
  6. Instruksi pemindahbukuan dari RDN karena nanti perusahaan efek harus mendebet RDN pada saat pembayaran pemesanan saham serta mengkreditkan pembayaran pemesanan saham ke Rekening PUPS.

Anda juga harus tahu jika pemesanan saham Bukalapak yang menyimpang atau tidak sesuai dengan aturan tersebut tidak akan dilayani. Dan pemesanan saham ini hanya bisa dilakukan satu kali saja di setiap SIDnya dan diajukan lewat perusahaan efel tempat dimana pemesan melakukan pembukaan SREnya.

Dan yang dapat melakukan pemesanan adalah perorangan atau lembaga sesuai dengan aturan dalam UUPM dan Peraturan No 1X/A.7. Kemudian, pemesanan saham diajukan sekurang-kurangnya 100 saham atau kelipatannya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Bukalapak menawarkan saham sekitar 25% dari total saham yang dimilikinya. Saham ini akan ditawarkan dengan nominal 50 rupiah di setiap sahamnya. Adapun saham yang nantinya akan ditawarkan ke masyarakat adalah dari harga 750 hingga 850 rupiah dan harus dibayar penuh semuanya ketika mengajukan FPPS.

Dan dijelaskan pula jika semua dana yang didapatkan nanti setelah dikurangi semua biaya emisi akan dialokasikan untuk modal kerja sebesar 66%. Sedangkan sisanya nanti digunakan untuk modal kerja bagi Entitas Anak.
Jadi jika Anda ingin melakukan pemesanan saham bukalapak IPO ini, Anda bisa melakukan penawaran mulai dari 9 Juli hingga 19 juli. Sementara untuk tanggal efektifnya adalah 26 Juli 2021. Semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Indotel