Ingin Hemat Paket Data Nasional? Ikuti Langkah Ini

Paket data nasional – Pandemi covid-19 yang belum usai membuat sebagian besar karyawan bekerja dari rumah. Hal ini akan membuat banyak kuota internet menjadi termakan banyak dan cepat habis. Belum lagi ada anak yang sedang sekolah daring. Bisa dipastikan akan semakin membuat paket data menjadi cepat habis.

Untuk Anda yang ingin menghemat paket data nasional bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Membatasi Update Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi update aplikasi. Tanpa disadari, kadang ada aplikasi yang membutuhkan pembaharuan dan ternyata secara otomatis memakai kuota internet. Apabila hanya satu aplikasi, mungkin tidak akan terasa. Namun jika ada belasan aplikasi yang update secara otomatis, tentunya akan menghabiskan kuota internet.

  1. Membatasi Pemakaian Data Background

Pemakaian data background juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat kuota internet boros. Nah akan lebih baik jika mematikan pemakaian data di background di menu setting. Caranya klik Settings, pilih Data Usage, tap tiga garis vertikal di kanan atas, pilih Restrict Background Data, klik OK.

  1. Identifikasi Aplikasi

Kemudian Anda juga bisa melakukan identifikasi pada aplikasi yang sekiranya menyedot terlalu banyak kuota. Hal ini akan membuat kita jadi tahu aplikasi mana yang sering digunakan dan membuat kuota cepat habis. Tidak bisa dipungkiri jika ada beberapa aplikasi yang memang bisa menyedot kuota lebih banyak dibandingkan aplikasi lainnya. Misalnya Instagram yang membutuhkan banyak kuota daripada twitter.

  1. Jangan Sering Streaming

Melakukan streaming musik atau video merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak menghabiskan paket data nasional. Terlebih jika kerap mencari foto yang kualitasnya baik. Sebagai saran, cobalah untuk menghindari aktivitas ini saat memakai mobile data. Jika ingin mengunduh video, lagu atau foto lebih baik menggunakan Wi-Fi saja. Atau jika tetap ingin streaming video, maka bisa menurunkan kualitas stream ke tingkat rendah supaya kuota jadi lebih hemat.

  1. Menghindari Unduh Media Otomatis

Di aplikasi chatting pastinya akan sering mendapatkan kiriman media, baik itu gambar atau video. Akan lebih baik jika mengubah setting unduh media otomatis menjadi no media. Menggunakan setting ini maka akan membuat kuota tidak terpakai sia-sia untuk mengunduh media secara otomatis. Selain itu juga bisa memilih media mana yang mungkin butuh diunduh. Tidak hanya bisa menghemat kuota, tetapi juga hemat pemakaian memori internal.

  1. Hindari Pemakaian Versi Desktop

Saat menjelajah internet menggunakan mobile web browser, coba dalam mode tersebut. Sebab situs yang dibuat khusus untuk gadget bisa melakukan optimasi layar lebih kecil dengan baik. Mode ini tidak akan terhambat file besar, video buffering, atau fitur tidak kompatibel. Jika beralih dari versi mobile ke desktop tentunya akan mengeluarkan kuota tambahan. Meskipun di sisi lain sudah akrab dengan versi desktop, namun sebaiknya hindari saat menggunakan mobile data.

  1. Manfaatkan Data Compression pada Chrome

Google Chrome merupakan browser populer yang banyak dipakai oleh pengguna android. Chrome sendiri mempunyai cara dalam menghemat kuota sendiri lho. Saat fitur penghematan diaktifkan, semua aktivitas yang dilakukan di Chrome otomatis jadi lebih hemat dari mode normal. Data akan diperkecil dan dioptimasi oleh Chrome. Ini akan membuat konsumsi data berkurang dan mempercepat loading pages tanpa adanya perubahan signifikan.

Nah itulah beberapa tips untuk menghemat paket data nasional di gadget supaya tidak boros. Untuk Anda yang ingin membeli paket data, Indotel menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Ini karena Indotel menyediakan paket data dengan harga terjangkau.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya