Pahami Kelebihan Dan kekurangan Indosat Data Mochan ( Modern Channel)

Tentu kita tidak asing lagi dengan operator seluler bernama Indosat, salah satu yang menyediakan layanan dengan harga murah dan banyak pilihan data. Alasan provider ini banyak dipilih oleh masyarakat karena jaringannya yang kuat dan dapat diandalkan. Dengan banyaknya pengguna akan membentuk sebuah peluang untuk membuat sebuah bisnis. Kini banyak inovasi baru yang dapat mempermudah bisnis dalam bidang paket data dan pulsa, salah satunya yaitu Indosat data mochan.

Mochan atau modern channel adalah sebuah sistem layanan pembayaran. Sistem ini menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mendistribusikan pulsa ke berbagai daerah tanpa adanya pembatasan wilayah. Ini adalah bentuk dari inovasi baru yang memudahkan memperluas bisnis data dan target pasar. 

Kelebihan Dan Kekurangan Indosat Data Mochan

Data mochan merupakan sebuah sistem layanan yang dapat menjangkau berbagai daerah serta dapat dimanfaatkan kapan saja. Didalamnya terjalin sebuah kerja sama dengan retail untuk menyediakan dan memenuhi kebutuhan data masyarakat. Namun sebelum menggunakan sistem ini untuk memulai bisnis, lebih baik untuk mengenalnya lebih jauh. Berikut ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem Indosat data mochan.

1. Kelebihan sistem mochan

Dengan menggunakan sistem data mochan akan mempermudah dalam melakukan pengisian saldo. Berikut beberapa kelebihannya, yaitu:

  • Tidak terpengaruh dengan hard cluster

Awal mula terbentuknya sistem ini yaitu bertujuan untuk mengatasi masalah ketersediaan pulsa yang tidak merata yang diakibatkan oleh perubahan peraturan dalam jual beli pulsa. Hal ini tentu juga berdampak pada data internet. Berlakukanya hard cluster atau pemetaan wilayah membuat distribusi tidak merata dan menyebabkan harganya menjadi mahal. Dengan menggunakan sistem data mochan ini akan terikat dengan sistem pemetaan wilayah tersebut. Sehingga dapat melayani konsumen dimanapun dan kapan saja. 

  • Harga lebih terjangkau 

Dengan Indosat data mochan ini harganya akan lebih murah dan terjangkau. Biasanya harga akan sama dengan nominal yang dibutuhkan atau bisa saja lebih murah. Karena adanya pemangkasan jalur distribusi yang langsung dari perusahaan switching. 

  • Proses transaksi lebih cepat

Kelebihan selanjutnya yaitu memiliki proses transaksi yang lebih cepat. Namun kecepatannya tergantung pada koneksi internet yang ada. Sehingga jika ingin lebih lancar maka siapkan koneksi internet yang juga lebih cepat dan stabil.

  • Banyak produk

Kelebihan sistem ini kita tidak hanya dapat berbisnis data dan pulsa Indosat saja, tetapi banyak produk lainnya. Seperti pembelian tiket pesawat, kereta api, pembayaran tagihan listrik, PDAM, Telkon dan sebagainya. Sehingga akan menghadirkan kesempatan untuk mengembangkan usaha serta memiliki target pasar yang lebih luas.

  • Beroperasi secara real time selama 24 jam

Adanya layanan yang beroperasi secara real time selama 24 jam akan memudahkan dalam melayani pelanggan. Dengan begitu kapanpun pelanggan ingin melakukan pengisian data terdapat tersedia stok yang dibutuhkan. 

2. Kekurangan Indosat data mochan

Dibalik kelebihan tetap ada kekurangan yang akan melengkapi, begitu dengan sistem data mochan yang ada. Berikut beberapa kekurangannya, yaitu:

  • Tidak ada fasilitas komplain

Kekurangan pertama yang sangat disayangkan yaitu tidak ada fasilitas untuk komplain. Hal ini akan sangat menyulitkan ketika terjadi kendala atau masalah. Karena hanya dapat menunggu tanpa bisa berbuat apa-apa untuk mengatasi kendala yang ada.

  • Tidak dapat melakukan refund

Kekurangan selanjutnya yaitu tidak dapat melakukan refund pada transaksi yang telah gagal dilakukan. Seandainya bisa akan memakan waktu yang cukup lama. Sekitar maksimal satu minggu untuk satu kali transaksi. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi pengguna sistem mochan.

  • Butuh modal dan SDM yang mencukupi

Dalam menjalankan sistem stok pulsa modern channel ini dibutuhkan modal dan SDM yang mencukupi. Karena harus memiliki koneksi internet yang handal serta harus memberikan pelatihan pada operator mengenai bagaimana cara menjual pulsa dengan sistem ini. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada sistem mochan yang ada. Semua kendala yang ada tetap ada jalan keluar dengan lebih berhati-hati dalam bekerja. 

Cara Mendapatkan Indosat Data Mochan

Setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, maka selanjutnya mengetahui bagaimana cara dan syarat untuk mendapatkan data mochan. Caranya dengan bekerja sama dengan perusahaan switching yang menyediakan pelayanan tersebut. Prosesnya harus menggunakan sistem transaksi via XML (Extensible Markup Language) ataiu via IP (Internet Protokol). Kemudian syarat untuk dapat mengambil stok selanjutnya harus memiliki alamat IP statis, sehingga software yang terhubung dapat digunakan. Atau bisa juga memanfaatkan alternatif lain seperti Jabber atau MXPP yang saat ini juga banyak digunakan oleh para server.

Perusahaan switching memiliki peran utama dalam pengisian data atau pembayaran tagihan yang dilakukan melalui sistem mochan. Perusahaan switching atau server harus memenuhi syarat yang cukup rumit untuk dapat bekerja sama menggunakan sistem Indosat data mochan. Namun kamu tetap bisa memulai bisnis data Indosat dengan lebih mudah. Caranya hanya dengan memanfaatkan aplikasi Indotel. Dengan mendaftar menjadi mitra, kamu dapat menjual produk yang ada dengan keuntungan yang tinggi. Mulai dari pulsa dan paket data all operator, voucher game, pembayaran tagihan, top up ewallet, dan banyak lagi.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Banyak Promo Menanti, Raih Banyak Bonusnya!! Segera Hubungi Via Whatsapp