Mengenal Jaringan 5G, Keunggulan Dan Kerugiannya

Teknologi 5G sudah hadir dan bisa dinikmati oleh masyarakat di Indonesia. Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari jaringan 5G ini? Sebelum menjawab semua itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu jaringan 5G.

Perlu diketahui, 5G adalah jaringan generasi internet yang kelima yang pernah dibuat, G yang berada di belakang angka adalah generasi. Dan setiap generasi punya kecepatan dalam menyampaikan datanya masing-masing. Tapi dari semua generasi yang ada, teknologi 5G adalah teknologi jaringan internet yang paling cepat dan memudahkan para penggunanya dalam menjalankan aktivitas apapun terutama yang memerlukan kecepatan akses internet.

Mengenal Apa Itu Jaringan 5G, Keunggulan Dan Kerugiannya

Tapi, sebelum Anda meng-upgrade ponsel Anda ke jaringan 5G, pastikan Anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari jaringan 5G ini. Jika Anda belum mengetahui bisa simak penjelasan di bawah ini.

Beberapa Keunggulan Dan Kekurangan Jaringan 5G Yang Perlu Anda Ketahui

Jaringan 5G memang menjadi jaringan internet tercepat saat ini. Tapi di Indonesia, masih sedikit orang-orang yang menggunakannya. Jadi jika Anda tertarik dengan teknologi terbaru ini sebaiknya simak apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari jaringan 5G ini:

1. Kecepatan Jauh Lebih Baik

Keunggulan pertama yang perlu Anda ketahui jika ingin menggunakan jaringan 5G pada smartphone Anda adalah kecepatan yang jauh lebih cepat dan baik. seperti yang sudah dikatakan di atas jika jaringan 5G ini memang memiliki kecepatan lebih unggul jika dibandingkan dengan beberapa generasi sebelumnya. Bahkan teknologi ini sudah menyentuh angka 100 GHZ. Itu artinya, teknologi 5G ini akan memberikan kecepatan transmisi hingga 10GB per detiknya. Mengesankan sekali, bukan?

2. Tidak Delay

Selain kecepatan jauh lebih baik, keunggulan kedua yang akan Anda rasakan saat menggunakan jaringan 5G adalah tidak merasakan delay sama sekali. Ini karena jaringan ini memiliki kecepatan transfer data jauh lebih tinggi dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Dan kabarnya lagi, jaringan ini bisa memberikan kecepatan pengiriman data tidak lebih dari 4 mili detik saja. Jadi pastinya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu 4G.

3. Jaringan Lebih Luas

Tidak hanya soal kecepatan aksesnya saja yang sudah tidak perlu diragukan lagi, jaringan 5G ini juga lebih luas. Ini karena didukung perangkat yang memang digunakan supaya mensupport teknologi terbaru ini.

Tapi dibalik keuntungannya, Anda juga harus tahu apa saja kerugian menggunakan jaringan 5G ini. Dan berikut ini beberapa kerugian yang akan Anda dapatkan nanti ketika berselancar menggunakan teknologi 5G:

1. Daya Tembus Lebih Kecil

Kerugian pertama adalah daya tembusnya jauh lebih kecil. Tidak sama dengan jaringan internet sebelumnya, teknologi 5G ini masih kurang optimal sebab wilayah-wilayah yang terjangkau oleh 5G ini juga berkurang.

2. Bermasalah Pada Segi Keamanan

Dan kerugian kedua adalah teknologi 5G ini bermasalah pada segi keamanannya. Terutama untuk transfer data yang kualitasnya tinggi memungkinkan penyerang hadir ke sistem yang ada di dalamnya.

Jadi itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait jaringan terbaru bernama 5G ini. Jadi sebelum buru-buru meng-upgrade ponsel Anda sebaiknya pertimbangkan kerugian dan keunggulan yang dimilikinya.

Download Aplikasi Indotel