Memahami System Kerja Jaringan 5G

Zaman yang terus maju dan berkembang seperti sekarang ini membuat teknologi juga ikut maju. Ini bisa dilihat dari lahirnya teknologi terbaru bernama 5G untuk perangkat nirkabel. Kehadiran teknologi 5G ini ternyata membuat aktivitas manusia semakin mudah ketika menggunakan jaringan internet.

Bahkan jika dibandingkan dengan beberapa generasi sebelumnya, jaringan 5G ini disinyalir jauh lebih cepat dan kuat. Dengan kehadiran jaringan 5G ini, ada banyak dampak positif yang akan didapatkan. Tapi sebelum mencoba menggunakan ponsel dengan jaringan 5G ini sebaiknya simak apa sebenarnya jaringan 5G dan cara kerjanya di bawah ini.

Memahami System Kerja Jaringan 5G

Mengenal Apa Itu Jaringan 5G?

Untuk Anda yang ingin menggunakan jaringan 5G pada smartphone Anda, jangan buru-buru melakukannya. karena Anda harus mengenali dulu sebenarnya apa itu jaringan 5G?

Jadi perlu diketahui jika jaringan 5G ini adalah jaringan teknologi generasi kelima yang tujuannya adalah supaya meningkatkan kecepatan, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi latensi seperti yang sering terjadi pada saat menggunakan jaringan 4G.

Kehadiran jaringan 5G ini juga mampu menyederhanakan mobilitas penggunanya, kemampuan roaming yang terbuka dan tanpa batas. Jadi dengan menggunakan jaringan ini, pengguna akan tetap terhubung meski berpindah ke jaringan nirkabel tanpa perlu autentikasi ulang.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Jaringan 5G Ini?

Jadi perlu diketahui jika teknologi 5G memperkenalkan perkembangan dan kemajuan yang terjadi pada semua arsitektur jaringan. Jaringan ini akan beroperasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang frekuensinya lebih tinggi. Dan keadaan seperti ini memungkinkan jaringan 5G ini membutuhkan antena berukuran kecil yang jauh lebih banyak di area yang sempit dibandingkan jaringan 4G.

Dalam jaringan 5G ini, operator mengubah infrastruktur kabel optik agar dapat menunjang kapasitas tinggi dari 5G ini. Dan salah satu contoh penerapannya adalah membuat beberapa tiang telepon dengan ukuran lebih kecil kemudian ditempatkan lebih dekat diatas tanah supaya bisa bertransmisi militer wave yang jauh lebih tinggi.

Inilah yang memungkinkan kepadatan pengguna jadi lebih tinggi. Dan implementasi seperti ini biasanya akan memakan biaya relatif besar dan caranya pun tidak gampang. Karena pengembangannya yang sulit inilah membuat implementasi 5G di Indonesia masih belum menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jika jaringan 4G yang ada pada ponsel Anda saat ini adalah 45 megabit di setiap detiknya. Tapi untuk 5G ini bisa mencapai hingga 20 kali lipat dari kecepatan menggunakan jaringan 4G saat ini. misalnya saja mengunduh film dengan kualitas yang tinggi hanya perlu 1 menit saja jika menggunakan teknologi terbaru dari 5G ini.

Jadi untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan ponsel dengan jaringan 5G ini, sebaiknya Anda harus tahu lokasi-lokasi yang sudah mendukung jaringan ini. Karena di Indonesia, perkembangan dari jaringan 5G ini belum maksimal dan hanya beberapa daerah saja yang sudah menunjang jaringan 5G ini.

Download Aplikasi Indotel