Manfaat Menggunakan Sosial Media Dalam Bisnis

Social media saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif baik bagi bisnis yang masih kecil maupun besar. Ini dikarenakan jumlah penggunanya yang terus bertambah di setiap waktu.

Jika dulunya platform media sosial seperti facebook, twitter dan instagram digunakan hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, kini social media sudah memiliki fungsi yang lebih luas.

Manfaat Menggunakan Sosial Media Dalam Bisnis

Manfaat Social Media Bagi Bisnis

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu harus melakukan berbagai strategi yang akan membuat bisnis jadi lebih berkembang misalnya saja menjadikan social media sebagai alat promosi bisnis. Dengan menggunakan media sosial, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan bisnis Anda seperti:

1. Bisa Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Manfaat pertama menggunakan social media bagi bisnis adalah mengenal lebih dekat dengan pelanggan. Jika Anda memiliki social media yang secara khusus untuk bisnis Anda, tentu Anda bisa memperkenalkan produk atau layanan Anda ke para pelanggan.

Tapi dalam menggunakan social media, tentu Anda harus dapat melihat tren dari usia pengguna karena ini menjadi acuan pada saat memiliki saluran promosi hingga pembuatan konten yang dapat menarik target market Anda.

2. Bisa Mendengar Feedback Dari Pelanggan

Kemudian, Anda yang sudah memiliki social media bisnis juga bisa dengan mudah mendengar feedback dari pelanggan baik positif maupun negatif. Feedback ini akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang Anda rintis.

Biasanya pelanggan Anda akan mengirim komentar di postingan atau mengirim pesan secara langsung ke social media Anda. Dan dengan social media inilah Anda akan lebih tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan Anda saat ini.

Social media bahkan bisa dijadikan sebagai alat untuk mengetahui apakah pelanggan Anda puas dengan produk atau jasa yang Anda miliki.

3. Dapat Melihat Persaingan Pasar

Melalui social media bisnis, Anda juga bisa dengan mudah mengetahui berbagai informasi dari pesaing atau kompetitor. Dan informasi yang Anda dapatkan ini, Anda bisa jadikan bahan untuk menganalisa sehingga tahu apa yang menjadi kelebihan ataupun kekurangan dari kompetitor Anda.

Anda juga bisa perhatikan berapa followers yang dimiliki oleh kompetitor Anda. Anda bisa lihat cara mereka dalam memasarkan produknya. Anda bisa buat strategi atau rencana pemasaran sampai mengembangkan konten di website Anda supaya sesuai dengan target market Anda.

4. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Dan manfaat terakhir untuk Anda yang memiliki social media bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Jadi jika website Anda dikunjungi banyak orang, maka peluang produk Anda dibeli juga akan semakin besar.

Jika Anda memiliki konten yang menarik di dalam website Anda, maka Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan traffic yang dampaknya sangat baik terhadap SEO.

Social media memang memberikan banyak sekali manfaat untuk bisnis. Apalagi dengan media sosial, biaya pemasaran Anda juga akan jadi lebih hemat. Anda pun bisa mengenal siapa yang menjadi pelanggan Anda dengan cepat dan mudah.

Download Aplikasi Indotel