Kiat Hemat Modal Dalam Bisnis Pulsa

Sukses jualan pulsa tidak hanya berfokus pada jumlah pelanggan yang terus bertambah. Melainkan juga mengenai tata kelola keuangan dengan baik dan benar, dan dilakukan sejak awal merintis bisnis tersebut. Jika berada di tahap awal maka sebaiknya menghemat modal dengan maksimal. Bagaimana caranya?

Kiat Hemat Modal Dalam Bisnis Pulsa

Kiat Menghemat Modal

Bisa menghemat modal adalah hal penting bagi setiap pelaku usaha, baik di masa awal maupun seterusnya. Kenapa? Sebab jika modal dan profit yang dimiliki tidak dihemat maka sebanyak apapun nominalnya akan cepat habis. Bagaimana jika menghadapi masa sulit seperti yang terjadi di masa pandemi?

Maka menghemat modal penting untuk dilakukan agar punya simpanan untuk menjaga stabilitas bisnis pulsa saat menghadapi masa sulit. Berikut beberapa kiat yang bisa diterapkan:

1. Atur Pembelian Saldo Pulsa

Menghemat modal bisa dilakukan dari proses membeli saldo pulsa yang dihitung dengan seksama. Hindari hutang, sekalipun server pulsa yang menjalin kerjasama menyediakan fasilitas tersebut. Selalu bayar tunai dan sesuaikan dengan kemampuan. Sebab punya hutang di bisnis pulsa bisa menjadi bom waktu yang meledak secara tiba-tiba.

2. Penuhi Kebutuhan yang Memang Penting

Dalam bisnis dijamin akan ada banyak kebutuhan, hal ini normal dengan tujuan kegiatan operasional berjalan dengan baik. Hanya saja jenis dan jumlah nominal setiap kebutuhan harus bisa dikontrol. Pastikan hanya memiliki kebutuhan yang memang penting untuk dipenuhi.

3. Kurangi Biaya Rutin yang Bisa Dihapus

Dalam bisnis juga dijamin akan ada sejumlah biaya rutin. Misalnya biaya sewa kios, biaya gaji karyawan, biaya listrik, dan lain sebagainya. Beberapa biaya rutin ini tidak bisa dihapus atau dikurangi. Namun beberapa lagi yang lainnya bisa, dan jenis-jenis biaya yang bisa inilah yang perlu dihapus atau dikurangi sampai keuangan bisnis sudah stabil.

4. Kerjakan Sendiri Dulu

Saat merintis bisnis jualan pulsa, ada baiknya mencoba menjalankannya dengan tenaga dan pikiran sendiri. Maksudnya adalah jangan buru-buru merekrut karyawan karena ada beban gaji yang dalam bisnis adalah beban yang cukup tinggi.

Kecuali jika modal yang dimiliki besar, karena adanya karyawan bisa membuat pemilik bisnis fokus menyusun strategi pengembangan bisnis yang dimiliki. Sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada dan tetap harus realistis.

5. Promosi Efektif Dengan Biaya Murah

Tidak ada bisnis yang tidak memerlukan promosi, sekalipun tidak melakukan promosi maka bisnis ini cenderung stagnan atau susah berkembang. Anda tentu tidak menghendakinya. Maka perlu melakukan promosi hanya saja cari media dan teknik promosi yang efektif sekaligus butuh biaya yang murah sehingga modal bisnis tetap terlindungi.

Kiat-kiat di atas tentunya akan membantu menghemat penggunaan modal dan profit jualan pulsa bisa disimpan untuk dana darurat dan keperluan lain. Semakin hemat maka semakin tinggi profit yang didapatkan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menambah saldo pulsa atau mendirikan cabang.

Download Aplikasi Indotel