Kenali Perbedaan Jaringan Internet 5G dan 4G

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun terus mengalami perkembangan dengan semakin banyaknya inovasi di berbagai sektor termasuk di dunia gadget terlebih lagi ponsel pintar atau smartphone. Tentunya, hal ini juga cukup berpengaruh terhadap perkembangan jaringan internet yang menajdi salah satu pendukung kemutakhiran gadget itu sendiri.

Saat ini, jaringan internet generasi kelima atau yang lebih dikenal dengan istilah jaringan 5G mulai digelar di sejumlah wilayah di Indonesia. Pastinya banyak yang penasaran apa sebenarnya perbedaan antara jaringan internet 5G dan 4G sebagai pendahulunya.

Kenali Perbedaan Jaringan Internet 5G dan 4G

Perbedaan Jaringan Internet 5G dan 4G yang Perlu Diketahui

Ketika sebuah teknologi baru diluncurkan, pastinya hal ini menunjukkan adanya sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Pun demikian dengan jaringan internet 5G yang dinilai memiliki kelebihan yang jauh lebih unggul dibandingkan jaringan internet sebelumnya yaitu jaringan 4G. Lantas, apa saja perbedaan jaringan 5G dibandingkan 4G? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Kecepatan Lebih Tinggi

Jaringan internet generasi kelima ini diklaim memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan jaringan 4G. Jaringan internet terbaru ini mengandalkan teknologi transmisi baru seperti antena array MIMO serta agregasi operator yang memiliki kecepatan lebih dari jaringan 4G. Jaringan 5G ini diklaim memiliki kecepatan hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan jaringan sebelumnya. Ini tentu perbandingan yang cukup mencolok antara keduanya.

2. Jangkauan Masih Terbatas

Pastinya sebagai jaringan yang baru akan membutuhkan proses untuk bisa menjangkau wilayah yang lebih luas. Jaringan generasi kelima ini memerlukan investasi serta bandwith lebih banyak.

Saat ini, baru ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah bisa mengakses jaringan 5G seperti kawasan Pondok Indak, Pulau Indak Kapuk, Kelapa Gading, Widya Chandra, Alam Sutera, dan Bumi Serpong Damai.

Itupun belum ada informasi kawasan mana saja yang merupakan titik lokasi jaringan 5G di wilayah tersebut. Sementara untuk wilayah lainnya belum diterapkan jaringan 5G karena jaringan ini membutuhkan bandwith minimal 100 MHz.

3. Belum Banyak Ponsel yang Support Jaringan 5G

Hal lain yang cukup membandingkan antara jaringan internet 5G dan 4G adalah ketersediaan ponsel yang support pada jaringan 5G masih sangat terbatas. Berbeda dengan jaringan 4G yang sepertinya hampir semua smartphone bisa menjangkaunya.

Teknologi 5G ini mampu bekerja di beberapa band atau frekuensi mulai dari High Bands (24GHz-40 GHz), Mid Bands (1GHz-2,6GHz dan 3,5Ghz-6GHz), dan Low Bands (di bawah 1GHz).

Meski demikian, permasalahannya adalah tidak semua provider menggunakan frekuensi tersebut. Misalnya, Telkomsel 5G yang menggunakan band 40 GHz dan bekerja di frekuensi 2300 MHz. Ini menunjukkan tak semua smartphone bisa menggunakan layanan jaringan Telkomsel 5G.

Tentunya, jaringan 5G masih akan terus dikembangkan unuk bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Diharapkan dengan adanya layanan jaringan 5G di tanah air, hal ini bisa semakinmembuka inovasi teknologi kekinian di Indonesia.

Download Aplikasi Indotel