Kelebihan Membayar Tagihan PLN Online

Penggunaan listrik untuk kehidupan sehari-hari sangatlah penting, baik untuk kebutuhan penerangan, rumah tangga bahkan pekerjaan atau bisnis. Untuk itu penting melakukan pembayaran tagihan dengan tepat waktu. Di jaman sekarang ini banyak kemudahan dalam melakukan transaksi apapun. Kamu dapat menggunakan layanan aplikasi untuk membayar tagihan pln online.

Listrik memiliki manfaat yang luas untuk mendukung kebutuhan kehidupan. Bahkan saat ini banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik. Tujuannya untuk mengurangi emisi kendaraan dan juga menghemat bahan bakar minyak bumi. Dengan segudang manfaatnya tentunya memiliki banyak pengguna dan pelanggan. Sehingga menghadirkan banyak kompetisi aplikasi pembayaran dengan tawaran menggiurkan.

Kelebihan Melakukan Pembayaran Tagihan Listrik Online 

Banyak pilihan aplikasi pembayaran yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembayaran tagihan listrik. Mulai dari PLN Mobile, aplikasi e-wallet, e-commerce dan sebagainya. Kamu dapat mengunduh salah satunya pada smartphone yang kamu miliki dan gunakan sebaik mungkin. Berikut ini 5 kelebihan melakukan pembayaran tagihan pln online:

1. Sangat efisien waktu

Dengan pelayanan selama 24/7 kamu dapat melakukan pembayaran tagihan kapanpun. Baik ketika dirumah, kantor, mall atau dimanapun kamu dapat menggunakannya. Hal yang harus diperhatikan hanyalah jaringan internet harus terhubung dengan baik. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembayaran tagihan pln online hanya dalam hitungan detik saja. Sehingga akan sangat bermanfaat buat kamu yang memiliki kesibukan yang padat. 

2. Lebih hemat biaya

Kamu dapat membayarnya tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya transportasi. Selain itu biaya admin yang dikenakan juga murah sehingga dapat lebih menghemat pengeluaran.

3. Tidak membutuhkan banyak tenaga

Ketika melakukan pembayaran tagihan listrik secara online kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk pergi ke kantor PLN atau ATM terdekat. Cukup dengan duduk manis dan manfaatkan ponsel pintar yang kamu miliki. Selain itu juga tidak perlu mengantri untuk menunggu giliran. 

4. Terhindar dari denda

Pembayaran tagihan tentu memiliki batasan waktu yang tidak boleh dilewatkan. Jika melebihi batas waktu yang diberikan maka dikenakan denda dengan jumlah tertentu. Melakukan pembayaran tagihan pln online kamu dapat terhindar dari resiko ini. Dengan pelayanan yang tersedia selama 24 jam, kamu dapat membayarnya kapan saja. Bahkan satu jam sebelum waktu yang diberikan habis, itu artinya tengah malam sekitar pukul 11 malam. 

5. Membantu mengatur pengeluaran bulanan

 Dengan menggunakan aplikasi pembayaran setiap transaksi akan tercatat secara otomatis dan dapat dilihat kapan saja. Sehingga tidak perlu lagi takut jika struk atau bukti pembayaran hilang. Dengan tercatatnya secara otomatis akan memudahkan kamu dalam menghitung pengeluaran selama sebulan. Jika sudah mendekati limit yang kamu tentukan maka dapat mengurangi atau menunda pembelian dan pembayaran lainnya.

Cara Cek Tagihan PLN Online

Setelah mengetahui apa saja kelebihan membayar tagihan listrik secara online. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara cek tagihan secara online. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu ikuti:

Melalui laman PLN

 Cara ini dapat dilakukan buat kamu yang tidak memiliki aplikasi pembayaran. Pengecekan dapat dilakukan melalui laman resmi PLN. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • buka situs https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik
  • Daftar akun jika belum terdaftar
  • Isi data diri, kemudian klik daftar
  • Masukan kode verifikasi dari PLN pada email
  • Masuk kembali menggunakan email dan pasword yang sudah terdaftar
  • Jika sudah log in, sistem akan menampilkan tagihan dan riwayat pembayaran

Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara selanjutnya dengan menggunakan aplikasi resmi yaitu PLN Mobile. Tentunya harus mengunduhnya terlebih dahulu pada ponsel pintar anda. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Login pada aplikasi PLN Mobile
  • Klik tab ‘informasi’
  • Jumlah tagihan akan muncul pada layar

Melalui SMS

Cara cek tagihan pln online menggunakan SMS cukup efisien ketika jaringan internet tidak bersahabat. Cara cukup mudah, pastikan kamu memiliki pulsa kemudian kirimkan pesan SMS ke 8123. Untuk formatnya ketik REK NO ID pelanggan.

Melalui e-mail

Nantinya kamu akan mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik. Namun sebelumnya harus terdaftar lebih dulu pada e-billing PLN. 

Hubungi call center

Cara selanjutnya dengan menghubungi call center di nomor 123. Nantinya akan diminta menyebutkan ID pelanggan untuk validasi kemudian operator call center akan menyebutkan tagihan yang harus dibayarkan.

Via mobile banking

Kamu dapat menggunakan aplikasi m-banking seperti BCA Mobile, BRImo dan sebagainya untuk mengecek jumlah tagihan listrik. Selain itu dapat digunakan untuk membayarnya. Sebagai contoh langkah-langkah pengecekan dan pembayaran menggunakan BRI Mobile sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mobile banking
  • Pilih menu listrik
  • Tekan tambah daftar baru
  • Pilih produk listrik, tekan tagihan listrik
  • Tuliskan ID pelanggan
  • Kemudian tekan ‘bayar’

Dengan berbagai cara pengecekan tagihan pln online diatas tentunya akan memudahkan mengetahui jumlah yang harus dibayarkan. Aplikasi Indotel merupakan sebuah aplikasi untuk segala pembayaran, termasuk tagihan pln. Selain itu masih banyak pelayanan lain yang dapat kamu manfaatkan, seperti pulsa, paket data, voucher game, top up e-wallet, e-commerce dan sebagainya. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk berbisnis dengan keuntungan besar.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya