Kelebihan Maupun Kekurangan Adobe Flash

Apakah Anda menyukai proses pembuatan animasi atau melakukan editing terhadap ambar bergerak? Jika iya, dijamin akrab dengan Adobe Flash yang memang sering digunakan untuk kegiatan tersebut.

Adobe Flash banyak digunakan oleh desain grafis dan video animator di berbagai dunia termasuk di Indonesia. Apabila ingin mempelajari dan menguasainya, maka bisa menyimak penjelasan berikut.

Kelebihan Maupun Kekurangan Adobe Flash

Pengertian Adobe Flash

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami dulu pengertian dari Adobe Flash agar bisa menggunakannya sesuai fungsi. Jadi Adobe Flash merupakan suatu perangkat lunak komputer yang digunakan untuk keperluan membuat vektor dan juga animasi gambar yang bisa bergerak maupun tidak.

Dulunya Adobe Flash dikenal dengan sebutan Macromedia Flash dan disediakan oleh Adobe System. Bahkan bisa dikatakan bahwa Adobe Flash merupakan produk unggulan yang dimiliki Adobe System tersebut. Sebab banyak digunakan karena berbagai alasan dimana penggunanya ada di seluruh dunia.

Fungsi yang Dimiliki

Secara umum Adobe Flash memiliki sejumlah fungsi yang membuatnya sangat multiguna. Berikut adalah fungsi-fungsi tersebut:

  • Bisa digunakan untuk pembuatan banner, logo perusahaan, film, game, navigasi pada web, e-card, screensaver, form yang lebih interaktif, dan lain sebagainya.
  • Digunakan untuk memutar video dengan format .swf yang biasa ditemukan atau dipasang pada situs-situs game.
  • Adobe Flash berguna untuk kegiatan IRC misalnya saja pada fitur chat di Yahoo Mail.
  • Bisa digunakan untuk memudahkan pemutaran video streaming, misalnya saja video dari kanal Youtube.
  • Sangat bisa digunakan untuk mengunduh maupun mengunggah video ke dan dari Youtube.
  • Digunakan untuk keperluan mengunggah foto ke beberapa akun sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Kelebihan yang Ditawarkan

Banyaknya orang yang menggunakan Adobe Flash tentu menunjukan jika aplikasi ini bermanfaat dan berfungsi dengan baik. Secara umum Adobe Flash memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Merupakan salah satu aplikasi yang mendukung teknologi animasi web dan sangat populer di masa sekarang.
  • Ukuran file terbilang kecil sehingga tidak boros memori, meskipun begitu untuk kualitas terbilang baik.
  • Tidak membutuhkan hardware terlalu banyak dan tidak dengan spesifikasi yang tinggi.
  • Bisa digunakan untuk kebutuhan pembuatan website, animasi web, cd interaktif, presentasi yang interaktif, permainan, aplikasi web, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan animasi bergerak.
  • Hasil file yang dibuat di Adobe Flash bisa ditampilkan di banyak media seperti website, televisi, handphone, PDA, ROM, VCD, dan juga DVD.
  • Terdapat fitur actionscript yang memungkinkan Anda untuk membuat animasi dan video memakai script supaya ukuran filenya lebih kecil.

Kekurangan Adobe Flash

Meskipun kaya akan kelebihan namun Adobe Flash juga memiliki sejumlah kekurangan yang tentu perlu dipertimbangkan.

Misalnya saja untuk fitur grafis yang terbilang masih belum lengkap. Proses untuk pembuatan animasi 3D juga masih terbilang sulit, sehingga butuh kesabaran dari user untuk menghasilkan karya yang lebih kekinian.

Download Aplikasi Indotel