Ini Resiko Menjual Vitamin Palsu di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu e-commerce di Indonesia yang menawarkan banyak produk salah satunya produk kesehatan. Tapi sayangnya, beredar kabar jika ada penjual yang menjajakan vitamin palsu di platformnya. Tokopedia langsung mengambil langkah tegas seperti menutup toko yang terbukti menjual vitamin palsu. Ini agar pengguna Tokopedia lebih aman saat berbelanja di platformnya.

Ini Resiko Menjual Vitamin Palsu di Tokopedia

Tidak Hanya Ditutup Tokonya Saja, Langkah Ini Juga Diambil Tokopedia

Ternyata tidak hanya menutup tokonya saja, Platform tokopedia juga langsung mengambil langkah hukum guna menindaklanjuti penjualnya yang menjajakan vitamin palsu. Penjual yang memang terbukti melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan hukuman yang berlaku.

Tokopedia juga sudah bekerjasama dengan kepolisian guna memberantas penjual vitamin dan obat-obatan palsu seperti ini. Meski sifatnya UGC atau User Generated Content dimana pihak penjual bisa mengunggah produknya secara mandiri, tapi platform satu ini tetap melakukan sejumlah langkah supaya setiap kegiatan yang ada di platformnya selalu berjalan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku di tanah air.

Tidak hanya itu saja, Tokopedia juga memiliki beberapa kebijakan salah satunya terkait produk yang dapat diperjual belikan dalam platformnya. Tokopedia pun memiliki fitur menarik seperti pelapor penyalahgunaan jadi masyarakat dapat melaporkan jika ada toko atau produk yang melanggar aturan dari pihak Tokopedia.

Bekerjasama Dengan BPOM RI

Tokopedia ingin melindungi konsumennya dari berbagai produk yang tidak mendapatkan izin dari BPOM RI. Karena itu, Tokopedia bekerjasama dengan BPOM RI atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia supaya semua peredaran, pengiriman maupun promosi penjualan makanan dan obat melalui platformnya dapat berjalan dengan intensif.

Dan supaya pengguna Tokopedia tidak membeli produk palsu, Tokopedia juga menghimbau kepada semua pengguna yang ingin melakukan pembelian harus mempelajari review dari pembeli terlebih dahulu sebelum transaksi dilakukan. Tidak hanya itu, Jika ingin mencari produk kesehatan yang terkurasi, pengguna bisa melakukan kunjungan ke Tokopedia Peduli Sehat.

Apabila nanti pembeli sudah melakukan transaksi pembelian tapi pesanan yang tiba di rumah ternyata tidak sama dengan yang dipesan, pembeli bisa melakukan retur produk.

Nah, untuk pengguna yang membeli produk palsu, jangan klik tombol selesai. Laporkan produk tersebut dengan cara mengklik komplain kemudian sertakan juga bukti misalnya video atau foto saat menerima barang tersebut. Tim Tokopedia akan langsung membantu menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dan tokopedia sudah menetapkan kebijakan pengendalian harga serta memberikan peringatan keras untuk penjual yang melakukan pemasangan harga produk melebihi angka kewajaran. Jadi para pengguna Tokopedia tetap akan mendapatkan harga yang sesuai dan tidak melebihi HET atau Harga Eceran Tertinggi terutama untuk obat yang digunakan saat pandemi.

Download Aplikasi Indotel