Cara Mudah Menikmati Akses Jaringan 5G Telkomsel

Memasuki era digital yang membutuhkan jaringan dan akses internet supercepat, kini jaringan 5G pun telah digelar di tanah air. Setelah sebelumnya, Telkomsel melakukan uji coba implementasi 5G di daerah Batam untuk kebutuhan industri dan pengajuan laik operasi pada Kementerian Komunikasi dan Informatika di tahun 2021 akhirnya secara resmi Telkomsel mendapatkan Surat Keterangan Layak Operasi (SKLO) 5G di Indonesia.

Telkomsel menjadi operator pertama yang menyelenggarakan layanan jaringan 5G di Indonesia. Apakah sulit untuk bisa mengakses jaringan internet generasi kelima ini?

Baca Juga: 5G Sudah Hadir, Haruskah Upgrade Ponsel Sekarang?

Cara Mudah Menikmati Akses Jaringan 5G Telkomsel

Cara Mengakses Jaringan 5G Telkomsel

Belum lama ini Telkomsel meluncurkan layanan jaringan 5G di Indonesia. Sementara, baru beberapa daerah saja yang bisa menikmati jaringan internet generasi kelima dari salah satu provider terbesar di Indonesia tersebut. Pelanggan di beberapa daerah seperti Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Alam Sutera, Pantai Indah Kapuk, dan Widya Chandra sudah bisa menikmati jaringan 5G Telkomsel.

Penyediaan layanan jaringan 5G Telkomsel sengaja tidak diluncurkan secara serentak di seluruh kota di Indonesia dengan pertimbangan aspek ekonomi dan manfaatnya. Tentunya, nantinya ketersediaan jaringan 5G ini juga akan digelar secara bertahap ke sejumlah kota lain seperti Solo, Batam, Medan, Surabaya, Denpasar, dan Makasar.

Ada beberapa keunggulan aringan 5G dibandingkan jaringan internet sebelumnya. Jaringan 5G menawarkan kecepatan download hingga 20 GBPS yang artinya ini 20 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G yang hanya mencapai 1 GBPS. Selain itu, jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan.

Kecanggihan jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan dalam layanan kesehatan jarak jauh atau telehealth. Salah satu terobosan yang ingin dicapai adalah nantinya dokter bisa melakukan operasi jarak jauh terhadap pasien dengan menggunakan robot yang terkoneksi.

Bukan hanya itu saja, jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan dalam perkembangan teknologi VR dan AR untuk pendirikan serta hiburan. Manfaat lainnya adalah di bidang industri yang mana layanan 5G ini bisa dimanfaatkan dalam melakukan pengawasan secara realtime dengan drone, pelacakan mobil, hingga pengendalian kendaraan berat secara online.

Dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan, pastinya hal ini membuat para pengguna ponsel pintar cukup penasaran tentang bagaimana cara mengakses jaringan internet terbaru tersebut. Lantas, bagaimana cara mengakses jaringan internet 5G Telkomsel tersebut?

Dalam sebuah konferensi pers virtual, Direktur Utama Telkomesl Setyanto Hantoro menjelaskan bahwa untuk menggunakan jaringan internet 5G Telkomsel, pengguna tidak perlu melakukan penggantian kartu SIM baru selama sudah 4G.

Meski demikian, untuk bisa menikmati akses jaringan internet generasi kelima tentunya harus didukung dengan penggunaan perangkat ponsel pintar yang sudah kompatibel dengan jaringan 5G Telkomsel atau di rentang pita 2.300 – 2.400 MHz. Hal lain yang perlu dipahami untuk bisa menikmati akses jaringan internet 5G Telkomsel adalah pastikan Anda berada dalam wilayah residensial.

Untuk bisa mengakses jaringan 5G Telkomsel ternyata cukup mudah. Namun pastikan Anda memenuhi beberapa ketentuannya sehingga bisa menikmati jaringan internet yang super cepat.

Download Aplikasi Indotel