Cara Menikmati Jaringan Internet 5G Telkomsel

Indonesia kian bersiap untuk menghadapi perkembangan teknologi global. Salah satu nya dengan menggelar jaringan internet 5G. Telkomsel yang merupakan salah satu operator terbesar di Indonesia menjadi perintis penyelenggara jaringan internet generasi kelima di tanah air.

Tentunya, sejak pertama kali digelar, operator ini kian menjadi perbincangan hangat. Banyak pelanggan Telkomsel yang cukup penasaran bagaimana cara mengaktifkan jaringan ini untuk bisa menikmati jaringan internet yang diklaim memiliki kecepatan berkali-kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya.

Cara Menikmati Jaringan Internet 5G Telkomsel

Cara Aktifkan Jaringan 5G Telkomsel

Bagi Anda yang merupakan pelanggan setia Telkomsel, Anda jangan terburu-buru membeli ponsel baru untuk bisa menikmati layanan jaringan internet 5G Telkomsel. Perlu diketahui, Anda harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa menikmati jaringan internet super cepat ini.

1. Gunakan Kartu Bertipe uSIM

Untuk bisa mengaktifkan jaringan internet 5G Telkomsel maka pastikan Anda sudah menggunakan kartu bertipe uSIM atau kartu SIM 4G. Dengan memiliki kartu SIM tersebut maka nomor pelanggan telah diaktifkan layanan 5G secara langsung. Namun demikian, hal ini bukan berarti Anda bisa langsung menggunakan layanan tersebut.

2. Pastikan Berada di Lokasi dengan Jaringan Internet 5G Telkomsel

Karena jaringan internet generasi kelima ini terbilang masih sangat baru tentu saja penyelenggaraannya pun dilakukan secara bertahap. Hingga saat ini hanya beberapa wilayah di Indonesia yang baru bisa menikmati layanan jaringan internet 5G Telkomsel.

Di antaranya: kawasan Jakarta (Telkomsel Smart Office, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, dan Pondok Indah), kawasan Jawa Barat (Institut Teknologi Bandung dan Telkom University), dan kawasan Tangerang Selatan (wilayah Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai).

Selain itu, layanan jaringan 5G Telkomsel juga mulai digelar di sejumlah kawasan lainnya di Indonesia seperti GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, dan GraPARI Balikpapan.

Pastinya, layanan ini akan terus dikembangkan secara bertahap dan tersebar di wilayah yang lebih luas lagi guna memenuhi kebutuhan pelanggan setia Telkomsel.

3. Pakai Smartphone yang Mendukung Jaringan 5G Telkomsel

Selain memperhatikan wilayah dengan akses jaringan internet 5G Telkomsel, untuk bisa menikmati layanan ini pastikan juga smartphone yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G Telkomsel.

Perlu diingat, pengguna haruslah memastikan apakah fitur jaringan 5G yang ada di perangkat smartphone bisa digunakan apakah masih di-unlock. Perangkat yang mendukung layanan 5G Telkomsel adalah perangkat yang memiliki kemampuan teknologi 5G NSA pada frekuensi 2.300 MHz.

Beberapa perangkat yang sudah mendukung teknologi tersebut antara lain Vivo X60, Vivo X60 Pro, Oppo Reno5 5G, Oppo Find X3 Pro 5G, Huawei Mate 40, dan Realme 8 5G.

4. Nomor Ponsel yang Digunakan Telah Diaktivasi ke Fitur 5G

Selanjutnya, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memastikan nomor ponsel yang akan digunakan telah teraktivasi ke jaringan 5G Telkomsel. Pengguna smartphone harus me-unlock perangkatnya supaya bisa terhubung ke jaringan internet 5G.

Unlock ini biasanya bisa dilakukan seperti pembaruan software. Bila Anda merasa ragu untuk melakukan unlock sendiri pada smartphone Anda, mengunjungi layanan merek ponsel masing-masing bisa jadi pilihan yang sangat direkomendasikan.

Download Aplikasi Indotel