Cara Menabung atau Membeli Emas di Tokopedia

Emas batangan menjadi favorit sebagian besar orang untuk menabung atau berinvestasi dalam jangka panjang. Jika dulu proses membeli emas batangan hanya bisa dilakukan secara langsung di PT Antam dan hanya dengan sistem tunai. Kini, pembeliannya bisa secara online dengan sistem tunai maupun dengan sistem menabung.

Cara Menghubungkan Akun First Media dengan OVO

Cara Menabung Emas di Tokopedia

Layanan menabung dan kredit emas batangan pertama kali diperkenalkan oleh Pegadaian yang sudah bekerjasama dengan PT Antam. Memasuki tahun 2019, Tokopedia membuka fitur Tokopedia Emas yang melayani proses membeli dan menabung emas secara online. Tokopedia secara resmi menjadi partner Pegadaian sehingga transaksi pembelian dan menabung emas dijamin aman dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tokopedia melayani proses pembelian dan penjualan emas secara online, dan tidak atau belum bisa digunakan untuk mencetak fisik emas batangan yang dibeli. Meskipun begitu transaksi dijamin aman dan mudah sehingga bisa dipertimbangkan. Justru dengan belum adanya layanan cetak fisik, saldo emas yang terkumpul tersimpan aman secara digital di Tokopedia.

Lalu, bagaimana cara membeli atau menabung emas di Tokopedia? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Akun Tokopedia

Langkah pertama adalah membuka akun Tokopedia yang dimiliki, bisa lewat website bisa juga lewat aplikasi di smartphone. Lakukan login seperti biasa dengan memasukan alamat email atau ID dan password. Jika sukses login maka tinggal menunggu proses loading halaman utama.

2. Pilih Menu Keuangan

Saat proses loading selesai, silahkan mencari menu Keuangan di halaman utama. Pada versi aplikasi, menu ini terletak di bawah saldo OVO dan informasi voucher yang dimiliki. Setelah itu tunggu sampai proses loading selesai untuk menemukan pilihan investasi emas batangan dari Pegadaian.

3. Pilih Investasi Beli Emas

Jika tampilan halaman berikutnya sudah terbuka penuh, maka scrol ke bawah sampai menemukan menu Investasi. Kemudian ada tiga pilihan, silahkan pilih Emas jika ingin membeli atau menabung emas. Tunggu kembali sampai proses loading selesai.

4. Lakukan Pembayaran

Jika sudah selesai maka Tokopedia akan menampilkan informasi harga jual dan harga emas terkini, sekaligus tampil logo dari Pegadaian. Silahkan masukan jumlah uang yang akan dipakai membeli emas, maka sistem akan mengkonversinya dalam bentuk gram emas yang didapatkan. Lakukan pembayaran, bisa memakai OVO, transfer bank, m-banking, LinkAja, dan lain-lain.

Membeli emas di Tokopedia tidak harus langsung 1 gram atau 50 gram, nominal pembelian bisa dimulai dari Rp 5.000 yang dikonversi ke gram emas menjadi 0.0005 gram emas. Jadi, siapa saja bisa membeli emas pelan-pelan sesuai sisa penghasilan yang dimiliki atau dengan komitmen yang dibangun. Jika sudah memenuhi target bisa menjual saldo emas di Tokopedia, saldo akan cair dan bisa ditarik ke rekening bank yang dimiliki.

Download Aplikasi Indotel