Cara Cek Dan Keuntungan Bayar Listrik Di Aplikasi Bayar Listrik

Listrik merupakan sebuah energi yang memiliki banyak manfaat untuk berbagai kebutuhan. Energi listrik dapat diubah kedalam bentuk energi lain, seperti energi panas, gerak, cahaya dan suara. Contonya energi listrik diubah menjadi panas seperti pada rice cooker yang dapat digunakan untuk menanak nasi. Kemudian diubah menjadi energi cahaya seperti lampu untuk penerangan. Lalu diubah menjadi energi gerak seperti pada kipas angin untuk pendingin. Sedangkan untuk energi listrik diubah menjadi energi suara seperti pada TV atau radio. Dengan kegunaan listrik yang sangat luas tentunya kita membutuhkan listrik setiap hari. Saat ini kamu dapat membayar tagihan atau membeli token listrik menggunakan aplikasi bayar listrik.

Membayar tagihan atau membeli token listrik dengan penggunaan aplikasi memberikan banyak keuntungan. Yang dimaksud bukan keuntungan berupa laba namun banyak hal lain yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung. Tapi jika kamu memilih aplikasi yang tepat tentunya dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Atau bahkan dapat digunakan sebagai bisnis atau usaha yang memiliki keuntungan laba menarik.

Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Ponsel

Sebelum kita mencari tahu keuntungan apa uang didapatkan ketikan menggunakan aplikasi bayar listrik. Ada baiknya jika kita mempelajari bagaimana cara cek tagihan menggunakan ponsel yang kita miliki. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu coba, diantaranya:

1. Cek melalui SMS

Cara pertama tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk mengetahui berapa jumlah tagihan listrik kamu bulan ini. Cukup dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu. Cara-caranya, yaitu pertama pastikan memiliki pulsa yang cukup, kemudian buka menu pesan dan ketikan REK nomor ID pelanggan dan kirim ke 8132, contohnya: REK 123456789. Tunggu beberapa saat untuk mendapat SMS balasan mengenai jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

2. Cek melalui website resmi PLN

Cara selanjutnya dengan membuka website resmi PLN. Kamu dapat memulainya dengan masuk ke browser dan masuk ke laman website, kemudian mendaftarkan akun jika belum terdaftar. Jika sudah terdaftar kamu dapat memasukkan email dan password. Setelah berhasil masuk sistem akan menampilkan jumlah tagihan serta riwayat pembelian listrik.

3. Cek dengan aplikasi PLN Mobile

Cara selanjutnya dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Langkah pertamanya dengan menginstal aplikasi PLN Mobile pada ponsel, kemudian login jika sudah terdaftar atau jika belum buat akun terlebih dahulu. Setelah itu pilih tab informasi, lalu klik tagihan, sistem akan menampilkan jumlah tagihan dan juga riwayat pembayaran. Selain dapat digunakan untuk cek tagihan, aplikasi PLN Mobile juga dapat digunakan sebagai aplikasi bayar listrik. 

4. Cek lewat Call Center

Cara selanjutnya dengan menghubungi call center PLN. Hanya dengan tekan 123 kemudian lakukan panggilan. Ikuti instruksi yang diberikan sampai pada pilihan cek tagihan listrik. Nanti kamu akan ditanya ID pelanggan , setelah itu operator akan menyebutkan informasi tagihan yang dikenakan.

5. Cek lewar e-mail

Cara yang terakhir dengan layanan email. Namun sebelum dapat memanfaatkannya kamu harus terdaftar terlebih dahulu pada e-billing PLN. Kamu dapat mengirimkan pertanyaan ke pln123@pln.co.id. 

Itulah 5 cara yang dapat lakukan untuk mengecek tagihan bulanan listrik yang harus dibayarkan.

Keuntungan Membayar Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Bayar Listrik

Keuntungan membayar tagihan menggunakan aplikasi adalah dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Karena sistem yang disediakan secara online dalam 24 jam sehari. Hanya cukup pastikan jaringan internet bagus dan memiliki paket data yang cukup, maka transaksi dapat diselesaikan dengan segera. Berikut ini beberapa keuntungannya, yaitu:

  • Hemat waktu, tenaga dan biaya

Keuntungan yang pertama adalah kamu dapat menghemat 3 hal sekaligus, yaitu waktu, tenaga dan biaya. Kamu dapat menghemat waktu karena hanya dalam hitungan detik saja transaksi dapat diselesaikan. Kemudian hemat tenaga karena hanya membutuhkan ponsel dan jari-jari manis kamu untuk melakukan pekerjaan ini. Lalu hemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan biaya admin yang lebih murah.

  • Lebih aman

Tanpa harus membawa uang cash ke tempat tertentu kamu akan terhindar dari kejahatan seperti pencurian atau copet. Dengan begitu lebih aman dan tentunya lebih efisien untuk kamu kamu yang memiliki kesibukan yang padat.

  • Terhindar dari denda keterlambatan

Kamu dapat membayar tagihan kapan dan dimana saja dengan aplikasi bayar listrik. Bahkan satu jam sebelum waktu yang ditentukan habis. Sehingga kamu akan terhindar dari denda karena terlambat membayar. Alasan seperti terlalu sibuk untuk meluangkan waktu membayar di kantor PLN tidak akan kamu gunakan lagi.

Rekomendasi Aplikasi Bayar Listrik Tepercaya

Setelah mengetahui cara cek tagihan dan keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi bayar listrik. Selanjutnya adalah rekomendasi aplikasi tepercaya yang dapat diandalkan, yaitu Indotel. Sebuah aplikasi pembayaran dengan produk lengkap dan harga murah. Sangat tepat dipilih menjadi partner untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu dapat membayar berbagai tagihan bulanan, seperti listrik PLN, air PDAM, internet, asuransi dan banyak lagi. Selain itu dapat digunakan untuk transfer uang ke berbagai bank dan mengisi ulang e-wallet atau e-commerce.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya