Cara Belanja Offline Menggunakan Gopay

Transaksi belanja apapun tentu akan lebih nyaman jika dilakukan secara cashless, da salah satunya menggunakan aplikasi dompet digital. Sebagai salah satu pilihan banyak orang, Gopay banyak direkomendasikan bagi siapa saja untuk menikmati pengalaman belanja dengan menggunakan smartphone. Lalu, bagaimana membayar belanjaan dengan Gopay?

Gopay dan Kelebihannya

Gopay mulanya adalah dompet digital yang tersedia khusus di aplikasi Gojek dan ditujukan untuk membayar semua jenis transaksi di dalam Gojek tersebut. Seiring berjalannya waktu, pihak Gojek kemudian bisa menggandeng banyak merchant. Sehingga saldo Gopay bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tidak hanya membantu membayar transaksi online namun juga transaksi offline di sejumlah merchant. Sehingga bisa meminimalkan transaksi dengan uang tunai yang selain ribet juga memiliki resiko lebih tinggi. Misalnya resiko salah dalam memberikan uang pembayaran, sala menghitung kembalian, dan lain sebagainya.

Cara Belanja Offline Menggunakan Gopay

Rutin menggunakan Gopay kemudian menawarkan solusi praktis untuk berbagai jenis transaksi. Belanja di supermarket tertentu yang merupakan merchant Gopay bisa dilakukan dengan aman, nyaman, dan dijamin praktis. Demikian halnya dengan transaksi online, misalnya membayar biaya langganan di Netflix yang kini sudah bisa memakai Gopay selain memakai kartu kredit.

Semakin kesini, Gopay semakin kaya fitur dan bisa mendukung pembayaran lebih banyak jenis transaksi. Ditambah dengan banyaknya promo yang disediakan. Maka transaksi belanja dan membayar tagihan dengan Gopay dijamin bisa lebih hemat.

Baca Juga: 5 Tata Cara Mengelola Keuangan dengan Gopay

Cara Belanja Pakai Gopay

Seperti yang disampaikan sebelumnya, saldo di dalam Gopay bisa digunakan untuk membayar transaksi offline. Tentunya transaksi di merchant yang sudah menjalin kerjasama dengan Gojek atau Gopay tersebut. Lalu, bagaimana membayar transaksi offline dengan Gopay? Berikut langkah-langkahnya:

1. Melakukan Pembayaran ke Kasir

Langka pertama tentu saja belanja sesuai kebutuhan, dan jika dirasa sudah cukup maka tinggal mendatangi meja kasir. Kasir akan menghitung total belanja menggunakan sistem yang sudah ada. Kemudian menyampaikan nominal totalnya, dan sampaikan kepada kasir akan membayar menggunakan saldo Gopay.

2. Membuka Aplikasi Gojek

Selanjutnya tinggal membuka aplikasi Gopay dan cari menu Bayar dan kemudian tentukan metode pembayaran. Salah satunya dengan scan QR Code di tempat belanja tersebut

3. Scan QR Code di Meja Kasir

Selanjutnya dekatkan smartphone agar kamera di perangkat bisa melakukan scanning ke QR Code yang tersedia di meja kasir. Secara otomatis nilai total belanja akan muncul beserta nama merchant yang bersangkutan. JIka tidak muncul maka nominal belanja diketik manual.

4. Masukan PIN Gopay

Langkah terakhir adalah memasukan PIN Gopay untuk konfirmasi pembayaran transaksi tersebut. Tunggu sampai ada notifikasi bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan.

Kemudahan dalam membayar transaksi dengan Gopay diamin semakin memanjakan siapa saja. Sebab selain bebas dari keribetan menghitung uang satu per satu juga bisa lebih hemat, karena ada banyak promo bisa dimanfaatkan saat belanja di merchant offline.

Download Aplikasi Indotel