Cara Bayar Listrik Online Mudah Dan Cepat

Listrik saat ini memiliki fungsi yang sangat luas untuk kehidupan. Prinsip kerjanya adalah merubah tenaga listrik menjadi berbagai energi, seperti energi panas, energi gerak dan cahaya. Listrik memiliki peran penting bukan hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga untuk pekerjaan, belajar atau fasilitas umum yang ada. Dengan kebutuhan dan konsumsi yang tinggi membuat kita harus membayarnya setiap bulan. Dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang kita mampu bayar listrik online dengan mudah.

5 Cara Bayar Listrik Online 

Membayar tagihan listrik adalah sebuah kewajiban, karena kita telah menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam pembayaran ini terdapat batasan waktu tertentu. Apabila melebihinya kita akan dikenakan denda. Pembayaran secara online dapat membantu kita untuk terhindar dari resiko ini. Nah, berikut ini 5 cara yang dapat kamu pilih, yaitu:

1. Menggunakan aplikasi PLN Mobile

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi resmi yang disediakan oleh PT PLN (Persero). Tujuannya untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kamu dapat menggunakannya untuk membayar tagihan bulan listrik tanpa harus datang ke kantor PLN terdekat dan mengantri. Selain membayar tagihan terdapat banyak fitur lain yang dapat digunakan, seperti menaikkan daya, pemasangan baru atau perbaikan. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat mendaftar untuk menikmati layanan internet dari PLN.

2. Menggunakan aplikasi Mobile Banking

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi mobile banking. Untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini kamu harus memiliki rekening dan mendaftar pada pihak perbankkan yang kamu pilih. Fungsi utama aplikasi ini adalah memudahkan transaksi transfer uang dan memantau saldo tabungan yang ada. Namun untuk memberikan pelayanan yang lebih, mereka juga menyediakan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan. Seperti pembayaran tagihan listrik, internet, ait PDAM, asuransi dan banyak lagi. 

3. Menggunakan aplikasi e-wallet

Aplikasi e-wallet atau dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang memiliki peran hampir sama dengan dompet pada kehidupan nyata. Namun aplikasi ini mendukung pembayaran secara non-tunai atau secara online. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat memudahkan pembayaran, salah satunya bayar listrik online. Kamu dapat memanfaatkan diskon yang diberikan untuk lebih menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan promo atau diskon yang ada.

4. Menggunakan aplikasi e-commerce

Cara yang keempat adalah menggunakan aplikasi e-commerce. Aplikasi ini lebih dikenal dengan tempat jual beli secara online. Namun terdapat banyak fitur lain yang dapat kamu manfaatkan. Seperti bayar listrik online, membeli pulsa atau paket data, tiket, membayar berbagai tagihan dan banyak lagi. 

5. Menggunakan Aplikasi Indotel

Aplikasi Indotel merupakan sebuah aplikasi untuk segala pembayaran. Mulai dari bayar listrik online, pulsa & paket data, voucher game, transfer uang, berbagai tagihan bulanan, top up e-wallet atau e-commerce dan sebagainya. Harga yang ditawarkan lebih murah dari pada yang lain. Kecepatan dan keamanan transaksi juga lebih terjamin. Bahkan kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Cukup dengan download aplikasinya pada ponsel kemudian lakukan pendaftaran sesuai petunjuk yang ada.

6. Membayar di kounter terdekat

Cara yang terakhir ini dapat kamu manfaatkan ketika tidak memiliki salah satu dari aplikasi diatas. Walaupun harus meluangkan sedikit waktu dan tenaga, namun cara tersebut cukup efisien dibandingkan harus membayar di kantor PLN. Proses yang dilakukan juga cepat serta tidak perlu membayar terlalu mahal.

Itulah beberapa cara bayar listrik online yang dapat kamu coba. Untuk lebih mudahnya instal salah satu aplikasi untuk memudahkan berbagai pembayaran dalam satu waktu.

Keuntungan Bayar Listrik Secara Online

Pembayaran secara online telah menjadi trend tersendiri ditengah masyarakat. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh banyaknya manfaat yang dapat dirasakan secara langsung. Terlebih dengan budaya hidup yang mulai berubah, yaitu menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat dirasakan ketika membayar listrik secara online:

  • Menghemat waktu, biaya dan tenaga

Ketika membayar tagihan listrik secara online kamu dapat melakukannya dimana dan kapan saja. Hal ini dikarenakan layanan yang tersedia selama 24/7. Sehingga kamu dapat menghemat tenaga karena tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke suatu tempat. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, selain itu kamu dapat memanfaatkan berbagai promo untuk mendapat potongan harga. Serta dapat menghemat waktu karena hanya dalam hitungan detik transaksi dapat diselesaikan. Cara ini tentu akan sangat membantu kamu yang memiliki kesibukan yang padat.

  • Terhindar dari denda keterlambatan

Sebuah tagihan pasti memiliki batasan waktu untuk membayarnya termasuk membayar tagihan listrik. Banyak alasan mengapa orang banyak yang terlambat membayarkan tagihan listrik. Seperti terlalu sibuk hingga lupa membayar tagihan. Dengan menggunakan salah satu cara pembayaran secara online dapat menghindarkan hal seperti ini. Karena kamu tetap dapat membayarkannya walaupun malam sebelum waktu yang ditetapkan habis. 

  • Dapat membantu mengatur keuangan

Dengan menggunakan aplikasi bayar tagihan online catatan setiap transaksi akan otomatis tersimpan. Sehingga akan memudahkan untuk mencatat dan menghitung pengeluaran yang ada tanpa khawatir ada yang terlewatkan. 

Dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat kamu rasakan ketika bayar listrik online. Seperti mudah dilakukan, transaksi yang cepat, siapa saja bisa melakukannya dan banyak lagi.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya