4 Tips Hemat Pulsa dan Kuota Selama PPKM

Di tengah pandemi seperti sekarang konsumsi pulsa sama tingginya dengan konsumsi beras dan listrik. Khususnya pulsa untuk pembelian kuota internet, sebab masih banyak yang menjalani PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan juga kuliah maupun sekolah daring bagi pelajar dan mahasiswa.

PPKM dan kegiatan pembelajaran daring (dalam jaringan / online) kemudian menciptakan keluhan borosnya penggunaan pulsa dan kuota internet. Meskipun para pekerja atau karyawan kantoran disediakan fasilitas uang pulsa. Kemudian ada pulsa dan kuota gratis bagi pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen. Tetap saja penggunaannya harus bijak dan diusahakan sehemat mungkin. Lalu, bagaimana menghemat pemakaian pulsa?

4 Tips Hemat Pulsa dan Kuota Selama PPKM

Tips Hemat Pulsa Selama PPKM dan Pembelajaran Daring

Penggunaan internet di masa pandemi memang cukup tinggi, sebab sebagian besar orang aktif menggunakan internet. Baik untuk kebutuhan bekerja, belajar, mengajar, sampai kebutuhan untuk order makanan online dan mencari hiburan dari internet. Kondisi ini kemudian membuat konsumsi pulsa menjadi boros sehingga pengeluaran membengkak.

Jika sedang berjuang untuk menghemat penggunaan pulsa maupun kuota internet, silahkan mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Tips pertama untuk bisa menghemat pulsa dan kuota internet adalah membeli paket sesuai kebutuhan. Jadi, misalnya saja dalam kurun waktu satu bulan atau 30 hari membutuhkan 10 GB. Maka tidak perlu membeli paket berisi 50 GB, sebab sisa kuota akan hangus sementara biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak akan kembali.

2. Memaksimalkan Fasilitas WiFi Jika Ada

Selama PPKM dan menjalani pembelajaran daring ada baiknya lebih mengutamakan penggunaan fasilitas WiFi. Hanya saja jika fasilitas ini tidak tersedia di rumah atau di dekat rumah, maka mau tidak mau tetap harus membeli pulsa secara mandiri. Namun, jika fasilitas ini tersedia maka perlu dimaksimalkan penggunaannya agar penggunaan pulsa dan paket internet lebih hemat.

3. Lebih Rajin Mengecek Sisa Kuota

Selama menjalani kegiatan PPKM atau mungkin pembelajaran daring, ada baiknya lebih rajin mengecek kuota atau pulsa. Kenapa? Sebab bisa menjadi bahan evaluasi apakah penggunaan pulsa cenderung boros atau sebaliknya. Jika boros maka perlu segera mencari solusi untuk bisa lebih hemat.

4. Gunakan Kuota dan Pulsa Sesuai Kebutuhan

Paling penting dalam menghemat pulsa selama PPKM dan pembelajaran daring adalah memakai internet dengan bijak. Yakni disesuaikan kebutuhan, jadi fokus saja dipakai untuk bekerja. Bagi pelajar maka bisa fokus menggunakan internet untuk kebutuhan belajar. Hindari membuka aplikasi atau platform minim manfaat supaya kuota tidak terlalu boros.

Tips di atas akan membantu menghemat kuota atau pulsa selama menjalani PPKM maupun pembelajaran daring. Jadi, silahkan diterapkan agar bisa menghemat pulsa yang kemudian bisa menghemat biaya selama pandemi. Sebab kondisi pandemi membuat situasi perekonomian tidak stabil, berhemat adalah keputusan paling tepat dan bijak untuk dilakukan.