4 Hal Penting Terkait Jaringan 5G yang Perlu Diketahui

Euforia hadirnya jaringan 5G memang tidak kalah tinggi di masa ketika jaringan 4G/LTE mulai bisa diakses di Indonesia. Adanya jaringan 5G menjadi kabar gembira bagi masyarakat era digital untuk bisa mengakses internet dengan kecepatan lebih maksimal. Jaringan 5G mungkin lebih dulu berkembang di negara luar.

Namun, perkembangan jaringan terbaru ini juga berjalan di Indonesia meskipun lebih lambat dijamin pasti. Saat ini tercatat sudah ada dua operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia membuka jaringan 5G, yakni Telkomsel dan Indosat. Meskipun baru diterapkan di sejumlah daerah, diperkirakan dalam waktu dekat jaringan ini akan terbangun nyaris di seluruh kota dan daerah di Indonesia.

4 Hal Penting Terkait Jaringan 5G yang Perlu Diketahui

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Seputar Jaringan 5G

Daftar Hal Penting Terkait Jaringan 5G

Sebagai jaringan internet yang menawarkan kecepatan akses lebih cepat dibanding jaringan 4G/LTE. Kehadiran jaringan 5G kemudian ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas, hanya saja jaringan ini memiliki sejumlah fakta menarik yang tentu perlu diketahui. Sebab ada beberapa daftar hal yang membuatnya sedikit berbeda dengan jaringan 4G/LTE. Berikut detailnya:

1. Tidak Hanya untuk Perangkat Smartphone

Selama ini ketika ada masa peralihan dari satu jaringan ke jaringan lainnya memang hanya bisa dinikmati oleh pengguna smartphone. Namun, saat jaringan 5G dirilis di berbagai negara termasuk juga di Indonesia yang diuntungkan ternyata tidak hanya para pengguna smartphone.

Sebab jaringan 5G bisa digunakan oleh berbagai sektor industri di berbagai bidang, salah satunya adalah manufaktur. Selain itu juga bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan efektivitas dari Internet of Things (IoT), robotik, dan juga mobil swakemudi.

2. Kecepatan Tinggi dengan Latensi Rendah

Jaringan 5G dilansir dari situs kompas.com dijelaskan memiliki kecepatan akses internet 10 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G/LTE. Menariknya, jaringan 5G tak hanya menawarkan kecepatan akses internet yang tinggi. Akan tetapi juga resiko latensi yang rendah, yakni resiko melemahnya jaringan internet karena arus perjalanan internet secara bolak-balik.

3. Mempengaruhi Banyak Sektor Industri

Jaringan 5G yang rilis di Indonesia dan dipelopori oleh Telkomsel kemudian tak hanya mempengaruhi sektor telekomunikasi saja. Melainkan juga mempengaruhi industri di bidang lainnya. Misalnya saja di sektor pertanian, dimana jaringan 5G bisa digunakan untuk mengontrol beberapa traktor sekaligus dari jarak jauh.

4. Diprediksi Tidak Menggantingan 4G Secara Penuh

Banyak masyarakat yang memprediksi jika jaringan 5G yang rilis di berbagai negara di dunia akan menggantikan jaringan 4G/LTE sepenuhnya. Kemungkinan ini memang tetap ada, namun berkaca dari yang sudah-sudah kemungkinannya kecil. Sebab saat ini jaringan 2G dan 3G masih banyak digunakan di berbagai sektor.

Hal-hal penting berkaitan dengan jaringan 5G di atas tentu menjadi hal penting untuk diketahui. Sebab jaringan ini dipastikan bisa dinikmati dengan banyak perangkat dan menyentuh banyak sektor industri. Sehingga membuka akses internet yang lebih cepat dan lebih sempurna dilihat dari banyak sisi dibanding 4G/LTE.