3 Manfaat Perluasan Jaringan 4G-LTE Telkomsel

Siapa yang tidak kenal dengan Telkomsel? Telkomsel menjadi salah satu pionir dalam menyediakan layanan jaringan komunikasi jarak jauh. Saat ini Telkomsel sudah genap beroperasi selama 26 tahun. Perusahaan jaringan komunikasi terkemuka ini kemudian dikenal akan kualitas dari jaringannya yang luas sekaligus stabil.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Telkomsel terus melakukan pemerataan akses broadband di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Perluasan ini bahkan dilakukan pihak Telkomsel sampai ke wilayah perbatasan. Hal ini kemudian memberi kabar menggembirakan yang membuat akses internet bersama Telkomsel semakin lancar dan tersedia di berbagai wilayah 3T di Indonesia.

3 Manfaat Perluasan Jaringan 4G-LTE Telkomsel

Manfaat Perluasan Jaringan 4G/LTE dari Telkomsel

Perluasan jaringan 4G/LTE sampai ke wilayah perbatasan dan 3T di Indonesia dari Telkomsel merupakan bagian dari proyek BTS Universal Service Obligation atau USO. Proyek ini sendiri diketahui merupakan proyek kolaborasi antara Telkomsel dengan Badan Aksesibilitas dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo).

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk pemerataan dan kesetaraan akses broadband di seluruh wilayah Indonesia. Proyek ini tentunya diharapkan semua pihak bisa berjalan dengan baik, karena memang sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia penggunaan internet menjadi sebuah kebutuhan pokok.

Jaringan 4G/LTE sendiri mulai dikenal dan hadir di Indonesia di tahun 2014 lalu dan terus berkembang. Saat ini berbagai perusahaan komunikasi termasuk Telkomsel sedang menerapkan jaringan 5G, dan sudah ada beberapa vendor perangkat komunikasi yang menyediakan produk yang bisa berjalan di jaringan tersebut.

Adanya perluasan jaringan 4G/LTE dari Telkomsel kemudian memberi manfaat yang sangat besar. Diantaranya adalah:

1. Membuka Akses Internet di Semua Daerah atau Wilayah

Manfaat pertama dari proyek gabungan ini adalah membantu membuka akses internet di semua daerah atau wilayah di Indonesia. Selama ini masyarakat di daerah perbatasan dan 3T mengalami kesulitan untuk mengakses internet. Sebab belum ada perusahaan komunikasi yang membuka jaringan di wilayah atau daerahnya.

Saat ini tercatat sudah ada 2.000 BTS dari proyek Telkomsel dan BAKTI Kominfo yang kemudian sampai di daerah perbatasan. Hal ini tentunya memberi fasilitas akses internet di daerah dan wilayah yang sebelumnya kesulitan mengaksesnya.

2. Mendukung Kegiatan Digital

Kegiatan digital menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh masyarakat di era sekarang. Apalagi sejak pandemi masuk ke Indonesia, adanya kebijakan PPKM dan pembelajaran online membuat jaringan internet sangat dibutuhkan. Sehingga perluasan jaringan 4G/LTE dari Telkomsel kemudian bisa memberi dukungan optimal terhadap kegiatan digital seluruh masyarakat di Indonesia.

3. Meningkatkan Produktivitas

Internet jaringan 4G/LTE memiliki kecepatan yang optimal dalam mendukung kegiatan digital. Sehingga dengan adanya akses di jaringan ini di seluruh wilayah Indonesia maka produktivitas masyarakat bisa meningkat. Aktivitas bekerja dari rumah dan belajar dari rumah bisa lebih lancar karena proyek Telkomsel satu ini.