Beberapa Hal Menarik Seputar 5G di Indonesia

Bila berbicara prihal perkembangan teknologi, maka memang tidak ada habisnya dan selalu saja menarik. Di antara perkembangan tersebut ialah adanya sebuah teknologi baru di bidang telekomunikasi yaitu jaringan 5G. Sesuai dengan namanya jaringan merupakan teknologi generasi ke-5 di bidang industri jaringan komunikasi seluler. Lantas apakah 5G telah ada di Indonesia?

Beberapa Hal Menarik Seputar 5G di Indonesia

Sejumlah Hal Menarik Seputar 5G di Indonesia

Sebagaimana telah dikemukan di atas dan kita ketahui bersama bahwa saat ini perkembangan teknologi terus terjadi. Tidak menutup kemungkinan pada bidang teknologi komunikasi. Jika dahulu kita hanya dapat berkomunikasi dengan panggilan suara, namun kini telah dapat bertatap muka secara virtual. Tentunya hal itu menjadi bukti akurat atas perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi.

Bukti lain yang menjadi perbincangan hangat adalah adanya teknologi generasi ke-5 di bidang jaringan seluler yang disebut dengan 5G. tentunya hadirnya jaringan 5G tersebut akan memberikan nuansa baru dalam berkomunikasi, terlebih pada bidang akses internet.

5G dianggap memiliki kecepatan yang lebih jika dibandingkan dengan jaringan seluler yang ada saat ini. Berikut beberapa hal menarik seputar jaringan tersebut.

1. 5G Telah Ada di Indonesia

Jaringan 5G memang telah ada di Indonesia dan telah dapat digunakan oleh beberapa pelanggan provider. Hanya saja untuk mendapatkan layanan jaringan 5G tersebut ada beberapa syarat yang harus terpenuhi.

2. Masih Terbatas

Mengingat bahwa jaringan 5G masih terus mengalami perkembangan, maka di Indonesia sendiri 5G masih bersifat terbatas. Maksudnya hanya di sejumlah daerah tertentu dengan Kawasan yang telah ditentukan yang bisa mencoba layanan jaringan 5G tersebut. Jadi untuk penggunaan secara masal seperti halnya jaringan seluler saat ini, kita masih harus menunggu kabar terbarunya.

3. Spesifikasi Ponsel Harus Memadai

Sama seperti jaringan seluler generasi sebelumnya, maka 5G pun hanya akan bekerja pada ponsel dengan spesifikasi tersendiri. Apakah telah ada ponsel yang demikian? Jawabannya sudah ada. Hanya saja harga dari ponsel tersebut masih terbilang cukup tinggi. Namun jika memang ingin mencoba berselancar menggunakan 5G, maka silahkan untuk memperbaharui ponsel yang dimiliki saat ini.

Berdasarkan penjelasan tadi maka dapat dipahami bahwa jaringan 5G memang telah ada di Indonesia. Hanya saja penggunaannya yang masih terbatas pada wilayah tertentu saja. Selain itu, belum banyak provider yang menyediakan layanan 5G tersebut. Lalu, apakah di wilayah Anda telah ada jaringan 5G ini?

Jika ada maka tiada salahnya untuk mencoba menggunakan jaringan tersebut. Namun perhatikan pula apakah spesifikasi ponsel yang dimiliki telah support jaringan 5G tersebut. Demikianlah informasi yang dibagikan kali ini, semoga mampu menambah wawasan kita semua, khususnya pada ranah perkembangan teknologi telekomunikasi.

Download Aplikasi Indotel