Mengenal App Pembayaran Online Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

app-pembayaran-online

Kini Indonesia sudah mempunyai dua sistem pembayaran yang memudahkan siapa saja. Yakni pembayaran tunai dan pembayaran non tunai yang bisa menggunakan app pembayaran online. Dua sistem pembayaran ini memang memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terlebih di zaman yang serba modern dan canggih seperti sekarang ini. Pembayaran non tunai atau cashless jelas lebih banyak dipilih karena membuat tidak harus membawa uang dalam jumlah banyak. Selain itu juga tidak harus memasukkan kembalian uang pecahan atau recehan ke dalam dompet yang bisa saja membuat sesak.

Kelebihan Menggunakan Pembayaran Non Tunai

Pembayaran non tunai merupakan pembayaran menggunakan elektronik yang mana bisa menggunakan beragam metode pembayaran. Misalnya kartu pembayaran, uang elektronik, cek, dan masih banyak lainnya. Untuk app pembayaran online yang bisa digunakan sendiri pun beragam seperti OVO, Dana, Flip, dan lainnya. Berikut beberapa kelebihan pembayaran non tunai yang perlu diketahui.

1. Proses Transaksi Lebih Cepat

Untuk proses segala transaksi memang lebih cepat dan ringkas. Dimana konsumen hanya perlu mengeluarkan smartphone dan melakukan scan QR dan mengetikkan kode PIN. Selanjutnya proses transaksi sudah selesai dilakukan. Selain itu proses transaksi ini juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

2. Adanya Promosi & Reward

Biasanya aplikasi pembayaran online bisa memberikan promosi dan reward menarik. Sebagai contohnya adalah promosi cashback dan potongan harga untuk pembelian di merchant tertentu. Untuk reward pun juga beda cerita, sebut saja aplikasi OVO yang tiap kali melakukan transaksi akan mendapatkan OVO Points.

Dimana OVO Points yang sudah terkumpul dalam jumlah banyak ini bisa ditukar dengan voucher atau digunakan untuk pembayaran. Dengan adanya reward ini tentunya akan membuat jadi lebih setia pada aplikasi tersebut.

3. Adanya Riwayat Transaksi

Di dalam aplikasi pembayaran online ada riwayat transaksi yang bisa dilihat kapan pun. Dengan adanya riwayat transaksi ini tentunya akan membantu pembukuan di akhir bulan. Atau juga bisa dijadikan sebagai patokan untuk bisa berhemat di kemudian hari. Riwayat transaksi ini pun juga bisa dicetak dengan di download atau screenshot sebagai bukti fisik.

4. Risiko Kehilangan Uang yang Minim

Selain itu tidak perlu khawatir akan kehilangan uang karena uang yang dipakai adalah uang elektronik. Jika mempunyai beberapa aplikasi, ada baiknya jika top up ke akun yang akan digunakan saja. Jangan terlalu mengendapkan uang dalam jumlah cukup banyak. Sebab hal ini bisa membuat jadi konsumtif dalam pembelian barang.

Kekurangan Menggunakan Pembayaran Non Tunai

Dibalik kelebihan yang diberikan oleh aplikasi pembayaran online, tentunya juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh metode pembayaran non tunai.

  • Adanya ancaman pencurian data lewat internet. Hal ini yang membuat beberapa orang khawatir jika menggunakan aplikasi pembayaran online ini.
  • Harus terhubung internet. Bagi yang ingin membayar tagihan atau belanja dengan cara cashless tentunya membutuhkan jaringan internet terlebih dahulu. Jadi semisalnya sim card habis paket internet, maka tidak akan bisa digunakan untuk kebutuhan pembayaran.
  • Terdapat limit transaksi. Biasanya beberapa metode pembayaran non tunai memiliki limit transaksi, jadi tidak bisa sering-sering menggunakan satu metode pembayaran dalam satu bulan.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan app pembayaran online. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk kebutuhan pembayaran online adalah Indotel. Dimana aplikasi ini memang ditujukan untuk kebutuhan segala pembayaran. Bahkan aplikasi ini bisa dijadikan mitra karena memiliki produk digital yang lengkap.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya