Apa Itu Aplikasi Pembayaran Aman, Tips Pemilihan, dan Jenisnya

aplikasi-pembayaran-aman

Di zaman yang serba modern dan maju seperti sekarang ini, hampir semua proses pembayaran sudah memanfaatkan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi pembayaran aman tentunya tidak perlu lagi membawa sejumlah uang dan membayar secara tunai.

Bahkan saat ini sudah banyak merchant-merchant yang melakukan kerja sama dengan banyak aplikasi pembayaran untuk memudahkan dalam transaksi pembelian. Hal ini tidak hanya memudahkan ketika melakukan pembayaran tetapi juga memberikan keuntungan lainnya misalnya promo cashback.

Tips Memilih Aplikasi Pembayaran yang Terpercaya

Sampai saat ini sudah ada banyak aplikasi pembayaran yang bisa digunakan untuk kebutuhan transaksi keuangan atau belanja online. Namun tetap saja harus bisa berhati-hati dalam pemilihan aplikasi ini supaya tidak terjadi hal tidak diinginkan.

1. Adanya Lisensi Jelas

Penyedia layanan pembayaran online atau payment gateway harus tunduk pada regulator, yakni Bank Indonesia (BI). Oleh sebab itulah pastikan dengan baik bahwa aplikasi pembayaran tersebut sudah mempunyai lisensi dari BI. Jadinya untuk transaksi nanti akan jadi lebih aman dan nyaman.

2. Bisa untuk Jangka Panjang

Akan lebih baik jika bisa memilih aplikasi pembayaran aman yang bisa dipakai dalam waktu jangka panjang. Ini dimaksudkan supaya tidak ganti-ganti aplikasi terus menerus. Juga harus diperhatikan dengan baik bagaimana fitur yang ditawarkan oleh aplikasi bayar online tersebut.

3. Praktis ketika Top Up

Hal lain yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika memilih aplikasi bayar online adalah kepraktisan dalam pengisian saldo. Ini sangat penting, terlebih jika berkunjung ke kota dan malas saat membawa uang dalam jumlah banyak.

4. Kelengkapan Fitur dan Bebas Biaya

Terakhir adalah memilih aplikasi pembayaran yang fitur dan layanan di dalamnya lengkap. Dengan begitu tidak perlu mengunduh banyak aplikasi pembayaran untuk cover beragam kebutuhan sehari-hari. Juga akan lebih baik jika bisa memilih aplikasi pembayaran bebas admin atau biaya operasional.

Jenis-Jenis Aplikasi Pembayaran yang Sering Dipakai

Di Indonesia terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk pembayaran online atau transaksi keuangan. Diantaranya sebagai berikut ini.

  • OVO. Merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk kebutuhan pembayaran listrik, air, pulsa & paket data all operator, dan masih banyak lainnya. Pengguna OVO juga bisa mendapatkan OVO Points setiap kali berhasil transaksi dan bisa dipakai untuk pembayaran.
  • Flip. Meskipun tergolong aplikasi pembayaran baru, tetapi aplikasi ini sudah banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia untuk kebutuhan pembayaran tagihan. Aplikasi ini pun terkenal sebagai aplikasi transfer uang bebas biaya admin.
  • Dana. Selain OVO, Dana juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk kebutuhan pembayaran online. Dengan memanfaatkan aplikasi ini juga bisa mempermudah dalam transaksi virtual. Fitur yang diusung pun juga banyak. Mulai dari pembayaran via scan barcode, pembayaran e commerce, dan lainnya.
  • Linkaja. Aplikasi selanjutnya yang bisa dipakai untuk membantu transaksi online adalah LinkAja. Aplikasi ini termasuk ke dalam salah satu layanan e money yang terbesar di Indonesia. Keuntungan yang didapatkan berupa isi saldo tidak hanya lewat transfer bank saja.
  • ShopeePay. Adalah alat pembayaran yang dikeluarkan oleh Shopee untuk pembayaran di Shopee. Namun saat ini sudah bisa dipakai di banyak merchant rekanan.
  • Indotel. Merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk segala pembayaran. Mulai dari pembelian pulsa & paket data all operator, tagihan listrik, transfer uang, top up saldo, dan masih banyak lainnya.

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai aplikasi pembayaran aman, tips pemilihan dan jenis-jenis aplikasinya. Pastikan untuk memilih aplikasi bayar online yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya