Aplikasi Beli Token Listrik Murah Online Dan Cara Menghemat

Pelayanan listrik saat ini secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu listrik pascabayar dan listrik pascabayar. Untuk layanan pascabayar kamu harus membayar tagihan setiap bulannya. Sedangkan listrik prabayar kamu harus menggunakan token pulsa untuk dapat menggunakan listrik. Kedua layanan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Penggunaan listrik pascabayar tidak perlu repot membeli token, karena sifatnya yang unlimited. Sedangkan pascabayar akan ada masa dimana token habis dari harus membeli lagi. Saat ini kamu dapat menggunakan layanan aplikasi tertentu untuk membeli token listrik murah online.

Aplikasi Untuk Membeli Token Listrik Murah

Dengan perkembangan dunia digital yang sangat pesat saat ini membuat pembelian token listrik menjadi lebih mudah. Kamu dapat memanfaatkan smartphone dengan mengunduh aplikasi yang dapat digunakan untuk membeli token listrik dengan harga murah. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat kamu pilih:

1. Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk beli token listrik murah online adalah PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan bentuk pelayanan dari PT PLN (Persero) untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Kamu dapat menggunakannya untuk membeli token listrik dan juga membayar tagihan listrik pascabayar. Selain itu terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengajukan pemasangan baru, menaikan daya dan juga memperbaiki kerusakan. Selain itu kamu juga dapat mendaftar layanan internet PLN melalui aplikasi ini.

2. Aplikasi Mobile Banking

Selain mempermudah ketika melakukan transfer uang, dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking kamu dapat membeli token listrik. Selain itu kamu dapat menggunakannya untuk top up dompet digital, E-commerce, membeli pulsa dan paket data dan membayar berbagai tagihan.

3. Aplikasi PPOB

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking. Yaitu suatu mekanisme pembayaran yang bekerjasama dengan pihak perbankkan secara online dan real time. Aplikasi ini melayani berbagai pembayaran tagihan dan juga menyediakan produk-produk lain. Bukan hanya untuk membayar tagihan listrik pascabayar dan melayani pembelian token listrik prabayar. Namun juga tersedia penyediaan pulsa dan paket data, isi ulang saldo E-wallet dan E-commerce, voucher game dan banyak lagi. Contoh dari aplikasi PPOB yaitu Payfazz, PayTren, Kasku, Indotel dan banyak lagi.

4. Aplikasi E-commerce

Secara umum aplikasi ini digunakan untuk berbelanja atau penjualan online. Namun terdapat fitur yang digunakan untuk membeli token listrik murah online. Harga yang ditawarkan juga terbilang bersaing. Dengan penggunaan voucher promo atau poin yang kamu kumpulkan harga token bisa lebih murah. Sebagai contoh aplikasi E-commerce yang dapat kamu gunakan untuk membeli token listrik online, yaitu Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dll. 

5. Aplikasi E-Wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang sangat populer saat ini. Tentunya dengan alasan dapat digunakan untuk berbagai pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai layanan, salah satunya yaitu penyediaan token listrik murah. Selain itu dapat digunakan untuk pembayaran berbagai tagihan, seperti tagihan asuransi, air PDAM, Internet, TV berlangganan dll. Contoh aplikasi E-wallet adalah Dana, OVO, Link Aja,  GoPay dll.

Cara Menghemat Penggunaan Token Listrik

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang dapat kamu gunakan untuk membeli token listrik murah online, ada baiknya kamu juga menghematnya. Dengan penghematan token listrik tentunya juga akan berpengaruh terhadap keuangan. Kamu akan dapat lebih mengontrol pengeluaran dengan tidak terlalu sering melakukan isi ulang. Berikut ini beberapa cara yang harus kamu ikuti:

  • Menggunakan lampu LED

Lampu LED memang memiliki harga yang mahal, rata-rata diatas Rp 100.000,-. Walaupun begitu tetap mampu menghemat listrik untuk jangka waktu yang lama. Penggunaan lampu LED juga tidak kalah terang dengan lampu bohlam. Misalnya saja lampu LED 7 watt merk tertentu bisa seterang lampu bohlam 60 watt.

  • Mematikan lampu jika tidak digunakan

Cara selanjutnya adalah mematikan lampu yang sudah tidak digunakan baik siang hari maupun malam hari. Buat kamu yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, dapat menggunakan lampu tidur dengan watt yang lebih kecil. Walaupun terlihat sederhana namun akan berdampak pada penggunaan token listrik.

  • Mengatur penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar

Cara menghemat token listrik murah online selanjutnya yaitu mengatur penggunaan alat elektronik dengan daya yang besar. Pastikan penggunaannya dilakukan ketika benar-benar dibutuhkan. Misalnya AC, matikan jika kamu suhu ruangan kamu tidak terlalu panas dan ketika ruangan ditinggalkan. 

  • Cabut steker jika tidak digunakan

Resiko yang mungkin terjadi jika lupa mencabut steker listrik yaitu merusak alat elektronik dan menyedot banyak daya listrik. Misalnya saja lupa mencabut charger ponsel, ternyata walaupun tidak digunakan tetap menyedot listrik sebanyak 1 watt setiap jam. Hal sederhana seperti ini dapat kita hindari supaya lebih menghemat token listrik.

Dan banyak lagi cara menghemat token listrik untuk mengatur pengeluaran. Pembelian token listrik murah online menggunakan aplikasi bukan hanya mudah, tetapi juga memberikan banyak keuntungan lainnya. Indotel merupakan salah satu aplikasi untuk segala pembayaran, termasuk token listrik. Bukan hanya hemat tetapi juga dapat kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

 

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya