Apa Yang Dimaksud Stok Pulsa Mochan? Simak Ulasan Berikut Ini

Kebutuhan pulsa semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh pengguna ponsel yang juga semakin banyak. Dengan pengguna yang semakin banyak tentunya akan membuka peluang bisnis yang luas. Dengan perkembangan teknologi yang cepat serta banyaknya inovasi terbaru membuka peluang yang semakin lebar untuk berbisnis pulsa. Dalam bisnis ini diperlukan stok pulsa mochan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Stok mochan merupakan salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh para server dan agen pulsa. Hal ini disebabkan oleh perubahan aturan dalam jual beli pulsa yang berdampak terhadap para pembisnis pulsa. Aturan yang memberlakukan sistem hard cluster atau pemetaan wilayah membuat para server berpikir keras agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pulsa secara nasional.

Pengertian Stok Pulsa Mochan

Mochan merupakan sebuah pelayanan pembayaran. Untuk contohnya seperti sistem pengisian pulsa. Dengan sistem tersebut kita dapat melakukan pembayaran kapan dan dimana saja. Stok pulsa mochan adalah layanan penyedia pulsa yang dapat menjangkau berbagai daerah serta dapat dimanfaatkan kapan saja. Dalam sistem ini telah terjalin kerja sama dari banyak retail sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi.

Ketika memulai sebuah bisnis pulsa kita tentu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara mendapatkan stok mochan tersebut. Awalnya kita harus bekerja sama dengan perusahaan swiching yang menyediakan pelayanan stok mochan. Pengambilan stok biasanya menggunakan transaksi via XML (Extensible Markup Language) atai via IP (Internet Protokol). Untuk mengambil stok mochan harus memiliki IP statis serta menggunakan software yang memiliki fitur yang dapat mensupport pengambilan produk tersebut. Jika tidak memiliki IP statis maka dapat menggunakan alternatif lain yaitu jabber. Jabber/MXPP saat ini banyak digunakan oleh para server pulsa.

Keuntungan Dan Kekurangan Stok Pulsa Mochan

Dengan stok mochan pengisian pulsa dapat dilakukan dengan mudah. Pelayanan yang tersedia dalam stok mochan bukan hanya berbentuk pulsa saja, namun banyak produk lainnya. Seperti tiket pesawat, kereta api, pembayaran tagihan listrik, air PDAM, Telkom dan banyak lagi. Sistem ini berjalan selama 24 jam, sehingga memudahkan pelanggan melakukan isi ulang pulsa kapanpun.

Layanan ini memiliki beberapa syarat wajib agar dapat menikmati fasilitas layanannya, yaitu syarat legalitas, teknik dan relasi kerja sama dengan perusahaan switching. Dimana perusahaan switching memiliki peran utama dalam melakukan pengisian ulang atau pembayaran tagihan. Sama dengan server, perusahaan switching harus memenuhi beberapa syarat yang cukup rumit untuk menjalankan sistem stok mochan ini. Diantara syaratnya yaitu SIU (surat izin usaha) legal, NPWP (nomor pokok wajib pajak), terdaftar dinotaris, serta memiliki tim IT support profesional. 

Keuntungan stok pulsa mochan

Dibalik semua syarat yang cukup rumit tersebut ada beberapa keuntungan yang dapat kita rasakan, diantaranya:

  • Tidak terpengaruh dengan system hard cluster. Sehingga dapat melakukan transaksi jual pulsa kepada konsumen kapan saja.

  • Harganya sesuai dengan nominal atau lebih murah karena adanya pemangkasan jalur distribusi atau langsung melewati perusahaan switching.
  • Proses transaksi lebih cepat. Kecepatannya tergantung kepada koneksi jaringan internet yang dimiliki.
  • Dapat melakukan penjualan beberapa produk sekaligus, seperti pulsa elektrik, tagihan listrik, cicilan kredit, atau tiket pesawat dan kereta api.

Kekurangan stok pulsa mochan

Apapun hal yang memiliki kelebihan tentunya memiliki kekurangan begitu juga stok mochan. Berikut ini beberapa kekurangannya:

  • Tidak tersedia fasilitas komplain jika pulsa mengalami keterlambatan pengiriman.
  • Tidak dapat melakukan refund jika pengirim gagal. Seandainya bisa pasti membutuhkan waktu yang cukup lama, maksimal satu minggu untuk satu transaksi.
  • Membutuhkan modal materi serta SDM yang mencukupi, karena server harus memiliki koneksi internet yang handal dan harus memberikan pelatihan kepada operator cara untuk menjual pulsa dengan menggunakan sistem mochan.

Kategori Pulsa berdasarkan Fungsinya

Sebelum menjalani bisnis pulsa, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kategori dan fungsinya. Sehingga kamu akan memiliki pemahaman yang pada produk yang kamu jual. Hal ini sangat diperlukan supaya tidak salah memberikan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelanggan. Simak beberapa kategori pulsa berdasarkan fungsinya dibawah ini:

Pulsa telepon

Pulsa ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh melalui suara. Tidak harus menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan, semua jenis ponsel pada umumnya dapat melakukannya.

Pulsa SMS

Pulsa ini berguna untuk mengirimkan pesan teks berupa SMS kepada pengguna ponsel lain. Nominal pulsa berkurang setiap pengiriman pesan. 

Pulsa paket data/internet

Saat ini hampir semua kalangan memanfaatkan jaringan internet baik untuk berkomunikasi maupun menjelajahi internet. Pembeliannya dapat berupa voucher atau mendaftarkan kepada provider yang kamu gunakan dan membayarnya dengan pulsa yang kamu miliki.

Pulsa listrik

Jenis ini merupakan cara membayar layanan listrik prabayar supaya dapat menikmati layanan listrik PLN. Pengisian pulsa listrik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Itulah beberapa kategori pulsa dengan fungsi yang berbeda juga. Setelah mengetahui apa itu stok pulsa mochan serta keuntungan dan kekuranganya, kemudian mengenal kategori pulsa. Langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan yang menyediakan layanan stok mochan. Rekomendasi paling tepat adalah Indotel, sebuah aplikasi untuk segala macam pembayaran. Kamu dapat memanfaatkannya kapan dan dimana saja dengan mudah dan cepat. Harga yang disediakan terbilang murah sehingga akan mendatangkan keuntungan yang menarik.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya