7 Langkah Mudah Belanja Online di Marketplace

Belanja secara online memang menyenangkan dan juga praktis, selain itu juga dijamin aman untuk dilakukan di masa pandemi seperti sekarang. Belanja online bisa dilakukan langsung ke penjual di media sosial maupun media lainnya. Bisa juga melalui pihak ketiga, seperti di marketplace. Lalu, bagaimana metode belanja di marketplace?

7 Langkah Mudah Belanja Online di Marketplace

Langkah-Langkah Belanja di Marketplace

Marketplace bisa disebut dengan istilah mall online atau pasar online. Sebab di dalam satu situs atau di satu aplikasi bisa menemukan banyak penjual dengan aneka produk yang dijajakan. Hal ini membuat marketplace menjadi surga bagi pecinta belanja online karena tidak perlu mampir ke banyak website dan aplikasi.

Jika masih awam dengan transaksi belanja di marketplace, seperti Tokopedia, Blibli, JD.ID, dan sejenisnya. Tentunya sedikit bingung dengan prosedur atau langkah-langkah belanjanya seperti apa. Berikut adalah langkah aman belanja lewat marketplace :

1. Pilih Marketplace Terpercaya

Langkah pertama adalah memilih marketplace, saat ini sudah ada banyak sekali marketplace yang bisa dikunjungi. Pastikan memilih marketplace yang sudah terpercaya, produknya banyak, dan dikenal punya harga murah sekaligus sistem belanjanya dijamin aman.

2. Buat Akun

Selesai memilih marketplace, maka tahap selanjutnya adalah membuat akun. Silahkan ikuti prosedur yang tampil di layar, dan jika sudah selesai baru mulai berbelanja.

3. Cari Produk yang Dibutuhkan

Silahkan mulai mencari produk yang dibutuhkan, biasanya di halaman utama marketplace ada kolom pencarian. Tinggal ketik nama produk, jenis produk, atau merek, dan nama toko yang diinginkan.

4. Cek Harga dan Baca Deskripsi

Hasil pencarian dari sistem marketplace akan merekomendasikan sejumlah produk sesuai kata kunci yang diketik. Silahkan membandingkan masing-masing produk mulai dari foto (tampilan) produk, kisaran harga, lokasi penjual karena mempengaruhi ongkir, ulasan, deskripsi, dan lain-lain.

5. Order

Jika sudah yakin produk tersebut memang yang terbaik, yang termurah, dan yang terjamin bagus dari ulasan pembeli sebelumnya. Maka silahkan masukan keranjang atau langsung melakukan pembelian.

6. Langsung Bayar

Jika order sudah terbentuk maka langkah selanjutnya adalah membayar transaksi tersebut. Silahkan memilih metode pembayaran yang dirasa paling sesuai, apakah transfer ke rekening bank, bayar pakai dompet digital seperti OVO di Tokopedia, bayar dengan sistem COD, atau yang lainnya.

7. Tunggu Barang Sampai

Jika barang sudah dibayar, maka tinggal menunggu penjual merespon pesanan tersebut. Jika sudah dikirimkan maka akan muncul notifikasi dan kemudian tinggal duduk manis di rumah menunggu barang tersebut diantarkan kurir. Jika sudah sampai, maka buka kemasan dan cek kelengkapan serta kualitas produk baru konfirmasi pesanan sudah diterima.

Belanja di marketplace memungkinkan siapa saja menemukan aneka jenis produk. Selain itu memberi peluang mendapatkan harga terbaik karena dijamin ada banyak penjual produk sejenis. Jadi, silahkan mencoba belanja di marketplace dengan langkah-langkah seperti penjelasan di atas.

Download Aplikasi Indotel