5 Tips Memilih Paket Internet yang Benar-Benar Sesuai

Kegiatan berselancar di dunia maya bagi sebagian orang menjadi rutinitas, bahkan durasi aktivitas ini lebih panjang dibanding aktivitas offline. Misalnya karena tuntutan pekerjaan yang perlu terkoneksi dan aktif di dunia maya dari pagi sampai sore bahkan sampai malam. Jika ada WiFi di kantor tidak masalah, saat melakukan WFH tentu memakai paket internet yang dibeli sendiri. Sudahkah memilih paket internet yang tepat?

5 Tips Memilih Paket Internet yang Benar-Benar Sesuai

Tips Memilih Paket Internet

Kelancaran akses internet sangat dipengaruhi oleh kekuatan jaringan sekaligus kuota internet yang dimiliki, apakah cukup besar sesuai penggunaan atau tidak. Pemilihan paket internet kemudian perlu lebih teliti apapun jenis provider yang digunakan. Entah itu Telkomsel, XL, Indosat, atau yang lainnya.

Mungkin saat ini masih dalam kondisi memilih paket internet yang salah, sehingga boros atau akses internet jauh dari kata lancar. Mengatasinya, simak dan terapkan tips berikut agar pemilihan paket internet benar-benar tepat:

1. Cek Kualitas Jaringan

Pemilihan paket internet tidak terlepas dari jenis provider yang akan digunakan. Pastikan mengecek kualitas jaringan di tempat tinggal, sebab beda tempat beda pula kualitas jaringan di setiap provider. Sebab semurah apapun paket internet jika jaringannya buruk dijamin kecewa dan aktivitas online menjadi tersendat.

2. Cermati Syarat dan Ketentuan Paket

Tips berikutnya adalah mencermati syarat dan ketentuan paket internet, sebab setiap provider menyediakan banyak jenis paket internet. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan tersendiri.

Ada yang internetnya bisa dipakai 24 jam penuh ada yang tidak. Oleh sebab itu cek dulu syarat dan ketentuan untuk kemudian disesuaikan dengan pola penggunaan internet.

3. Sesuaikan dengan Penggunaan

Tips selanjutnya adalah memilih paket internet sesuai dengan pola penggunaan. Sebab ada yang dalam sebulan bisa habis 50 GB ada yang hanya 5 GB, jadi perlu memilih paket yang besaran kuotanya sesuai kebutuhan. Supaya budget yang keluar tidak melebihi kebutuhan dan juga tidak ada kuota internet yang hangus sia-sia karena tidak terpakai.

4. Memperhatikan Aplikasi yang Dipakai

Tips selanjutnya bisa disesuaikan dengan aplikasi yang digunakan. Kenapa? Sebab beberapa paket internet menyediakan kuota khusus atau bahkan memberi fasilitas gratis untuk penggunaan aplikasi tertentu. Jika memakai aplikasi yang cukup sering bisa mencari paket yang menyediakan akses gratis di aplikasi tersebut supaya lebih hemat.

4. Sesuaikan dengan Perangkat

Terakhir, adalah menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Jika hanya menggunakan smartphone maka tidak perlu pusing. Sebab saat dipakai online dengan perangkat komputer, baik PC maupun laptop maka kebutuhan kuota lebih besar. Penyebabnya karena optimasi data di komputer lebih tinggi dibanding di smartphone.

Memilih paket internet yang tepat bisa membantu menghemat budget untuk memenuhi kebutuhan kuota internet. Selain itu bisa memaksimalkan kecepatan akses internet sehingga segala aktivitas online menjadi lancar. Jadi, silahkan menerapkan tips-tips di atas.

Download Aplikasi Indotel