5 Tips Manajemen Waktu yang Baik agar Selalu Produktif

Waktu yang berjalan selama 24 jam sehari tentu perlu dikelola dengan baik, supaya ada lebih banyak hal bisa dilakukan di kurun waktu tersebut. Sayangnya, masih banyak yang merasa kesulitan untuk terus produktif terutama di hari-hari yang sifatnya santai. Lalu, bagaimana solusinya?

5 Tips Manajemen Waktu yang Baik agar Selalu Produktif

Tips untuk Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Orang yang kurang produktif umumnya di penghujung hari akan merasa menyesal, karena sudah menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak menghasilkan. Supaya hal semacam ini tidak dialami maka perlu memperbaiki manajemen waktu. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Menyusun Jadwal Kegiatan

Tips pertama adalah menyusun jadwal kegiatan, bisa dilakukan di malam hari sebelum pergi tidur bisa juga di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Penyusunannya penting supaya sejak pagi sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan dan dimulai dari yang mana. Sebab bisa jadi aktivitas harian yang dimiliki cukup padat dan banyak.

2. Menentukan Prioritas

Jika agenda kegiatan harian sangat padat dan kemudian merasa bingung harus mendahulukan mana untuk dikerjakan. Maka wajib menyusun daftar prioritas yang membantu menentukan pekerjaan mana dulu yang harus diselesaikan. Susunlah daftar berdasarkan deadline, taruh prioritas pertama dari kegiatan dengan deadline paling mendesak.

Kemudian, jika mendapati ada beberapa yang deadlinenya mendesak. Maka bisa menyusun kegiatan yang paling susah dan butuh konsentrasi tinggi di prioritas pertama dan seterusnya. Sebab mengerjakan hal-hal sulit memakan waktu lama, maka idealnya dikerjakan selagi masih pagi saat badan dan pikiran masih segar.

3. Fokus di Satu Jenis Pekerjaan

Supaya manajemen waktu menjadi lebih sempurna, maka penting untuk fokus pada satu pekerjaan. Setelh sleesai baru beralih ke pekerjaan lain. Langkah ini tepat untuk dilakukan agar waktu dalam bekerja lebih efisien dan hasilnya maksimal karena terfokus. Tidak hanya lebih produktif namun juga bisa bekerja dengan hasil memuaskan.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Pernah berpikir untuk menunda pekerjaan? Jika sesekali dilakukan mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika menjadi kebiasaan maka banyak waktu yang terbuang sia-sia. Jadi, usahakan tidak pernah menunda pekerjaan sekecil apapun pekerjaan tersebut.

5. Tidur Cukup

Punya manajemen waktu yang baik juga perlu didukung oleh kondisi tubuh yang prima. Jadi, pastikan istirahat yang cukup. Selama sudah produktif dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan wajib. Maka dijamin punya waktu yang cukup untuk istirahat dan bisa memulai hari dengan badan dan pikiran yang segar.

Manajemen waktu yang baik akan membantu memiliki jam-jam produktif dan memiliki jam-jam untuk istirahat yang cukup. Sehingga tercipta keseimabngan yang tentu memberi kesempatan untuk merasa puas dan bangga setiap hari atas segala pencapaian yang dilakukan. Jadi, terapkan tips di atas supaya manajemen waktu menjadi lebih baik.

Download Aplikasi Indotel