5 Tips Belanja Online Bebas Resiko Penipuan

Belanja online di marketplace menjadi tujuan banyak orang, sebab menjadi destinasi terbaik sekaligus yang paling aman. Dikatakan paling aman karena sejatinya marketplace adalah pihak ketiga yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Sistem di dalamnya melindungi penjual dari pembeli abal-abal dan melindungi pembeli dari penjual yang melakukan praktek penipuan.

5 Tips Belanja Online Bebas Resiko Penipuan

Tips Menghindari Penipuan di Marketplace

Sayangnya meskipun marketplace menyediakan sistem belanja online yang super aman, ternyata tetap ada saja kasus penipuan. Mulai dari produk tidak sesuai dengan foto dan deskripsi, ada yang bahkan mendapatkan produk palsu dan tidak menerima barang sama sekali, karena yang dikirimkan penjual hanya packing kosong tanpa isi.

Mencegah kasus penipuan saat belanja online di marketplace, maka bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih Marketplace Terbaik

Tips aman yang pertama adalah memilih marketplace yang tepat. Utamakan marketplace yang sudah beroperasi cukup lama. Kemudian cari tahu marketplace mana yang dikenal sebagai marketplace terbaik dan paling banyak direkomendasikan. Jika sudah terjamin aman maka bisa membuat akun di marketplace tersebut.

2. Cari Toko yang Terpercaya

Marketplace punya banyak toko di dalamnya, silahkan memilih toko terbaik. Bagaimana caranya? Tentunya dengan memilih toko official, jika tidak ada maka bisa memilih toko dengan performa terbaik.

Bisa dilihat dari nilai toko yang terpampang jelas di beranda toko, kemudian mengecek apakah produk-produknya sudah laku terjual atau belum. Jika belum maka perlu waspada karena kualitasnya belum terjamin.

3. Cek Dulu Ulasan Produk

Selanjutnya adalah mengecek ulasan produk, jika produk toko sudah laku terjual maka dijamin ada penilaian. Pastikan toko tersebut tidak panen bintang 3 ke bawah. Selain itu baca ulasannya juga, semakin banyak yang memuji produk toko tersebut maka semakin menunjukan produknya layak untuk dibeli.

4. Chat ke-Penjual

Ada baiknya menghubungi penjual dengan mengirimkan chat lewat fitur yang tersedia di marketplace. Misalnya menanyakan stok produk, detail karakter bahan dari baju yang dijual, cara penyimpanan produk, dan lain-lain. Semakin profesional dalam membalas chat yang dikirimkan maka semakin baik.

5. Pakai Pembayaran COD

Langkah aman berikutnya saat belanja di marketplace adalah mencoba membayar dengan sistem COD. Sehingga biaya produk dan pengiriman baru dibayarkan saat produk diterima dan dipastikan kualitasnya bagus. Jadi buka dulu kemasan produk, dan cek apakah sesuai dengan pesanan atau tidak.

Jika sesuai, maka tinggal membayar total belanja ke kurir ekspedisi. Jika sebaliknya, maka minta ke kurir untuk mengirimkan kembali paket tersebut ke lokasi penjual. Tanpa perlu membayar dan akan segera dibatalkan oleh pihak marketplace.

Lima tips di atas jika diterapkan akan membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan belanja di marketplace. Jadi, silahkan diterapkan dan biasakan teliti setiap kali belanja online.

Download Aplikasi Indotel