5 Tips Aman Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Zaman sekarang siapa yang tidak menggunakan aplikasi dompet digital? Sepertinya nyaris semua orang yang menggunakan smartphone sudah aktif menggunakan aplikasi jenis ini. Minimal satu aplikasi, yang kemudian dipakai untuk berbagai kebutuhan transaksi online.

Berhubung aplikasi ini menyimpan saldo uang pengguna, dan terinstal di smartphone. Maka perlu paham bagaimana menggunakannya dengan aman agar bebas dari resiko dibobol orang dengan niat jahat.

5 Tips Aman Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Tips Aman Memakai Aplikasi Dompet Digital

Jika selama ini aktif menggunakan aplikasi dompet digital, apapun nama aplikasi yang digunakan. Maka simak beberapa tips aman berikut agar menggunakan aplikasi jenis ini tidak lagi merasa was-was:

1. Menggunakan Smartphone dengan OS Terbaru

Tips aman yang pertama adalah menggunakan perangkat smartphone dengan sistem operasi atau OS terbaru. Baik untuk iPhone maupun smartphone berbasis Android. Sebab OS dengan versi terbaru biasanya akan memiliki sistem keamanan lebih baik.

Tidak kalah penting adalah selalu rutin mengupdate semua aplikasi yang ditanamkan di smartphone. Atau jika ruang penyimpanan sudah penuh bisa update rutin untuk aplikasi penting dan berhubungan dengan keuangan. Misalnya aplikasi m-banking dan juga dompet digital. Sebab update rutin bisa menjaga aplikasi tetap aman.

2. Pilih Aplikasi yang Dijamin Aman dan Resmi

Tips kedua, adalah selalu mengutamakan aplikasi yang sudah dijamin aman sekaligus resmi. Resmi disini bisa dilihat dari perusahaan atau pengembang mana yang menyediakan aplikasi dompet digital tersebut.

Pastikan tata kelolanya sudah sesuai dengan aturan OJK. Sekaligus dikelola secara profesional oleh perusahaan yang jelas nama, status badan hukum, sampai alamat kantornya.

3. Gunakan Password Aplikasi yang Kuat

Aplikasi dompet digital biasanya diatur memasukan password atau kode khusus, baik saat membuka aplikasi maupun saat konfirmasi pembayaran transaksi. Gunakan susunan password yang kuat dan rumit, sekaligus mudah untuk diingat. Sebab percuam password rumit jika susah diingat dan aplikasi tidak bisa dibuka.

4. Instal Aplikasi Keamanan Cyber di Smartphone

Jika memang diperlukan sebaiknya menginstal aplikasi keamanan cyber untuk melindungi perangkat smartphone dari para peretas. Hal ini penting terutama untuk pemilik dompet digital yang saldonya tidak lagi dalam nominal kecil.

5. Cek Saldo dan Riwayat Transaksi Secara Berkala

Selanjutnya adalah selalu rutin mengecek saldo dan riwayat transaksi. Tujuannya untuk memastikan tidak ada kejadian saldo mendadak hilang atau habis. Jika sampai terjadi maka bisa menghubungi customer line dari aplikasi dompet digital yang digunakan untuk dilakukan pengecekan lebih menyeluruh.

Tips di atas tentu penting untuk diterapkan agar bisa meningkatkan sekaligus menjamin keamanan dalam menggunakan aplikasi dompet digital. Paling utama adalah menggunakan aplikasi yang tepat, yakni yang resmi dan layanannya sudah sesuai ketentuan dari OJK. Jadi, baca ulasan semua aplikasinya dan kemudian pilih yang dijamin aman dan kredibel.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya