5 Tips agar Saldo Pulsa Seluler Tidak Boros Lagi

Pulsa cepat habis? Ada kemungkinan terjadi kesalahan pada jaringan operator, dan bisa juga karena pemakaian yang kurang terkontrol. Pulsa memang menjadi modal penting agar perangkat telepon seluler bisa berfungsi dengan maksimal. Tidak hanya bisa menerima SMS maupun pesan di aplikasi pesan instan, namun juga bisa mengirimkan balasan.

5 Tips agar Saldo Pulsa Seluler Tidak Boros Lagi

Tips Menghemat Saldo Pulsa

Saat ada uang, maka ketika pulsa sudah habis bisa langsung isi ulang. Namun, bagaimana jika terjadi di tanggal tua dan kantong sudah kering? Ada baiknya sejak awal bulan sudah menghemat penggunaan pulsa agar saldonya lebih terkontrol. Sedikit membantu, berikut tips agar saldo pulsa telepon seluler lebih hemat:

1. Tidak Dipakai untuk Online

Pulsa seluler sebaiknya tidak digunakan untuk kebutuhan online, selalu gunakan untuk komunikasi offline. Misalnya SMS dan juga telepon konvensional, sedangkan untuk kebutuhan online selalu gunakan paket data. Sehingga setiap awal bulan perlu mengisi ulang pulsa sekaligus membeli paket data untuk memisahkan antara kebutuhan komunikasi online dan offline.

2. Membeli Paket Seluler

Tips hemat saldo pulsa berikutnya adalah membeli paket seluler yang banyak disediakan oleh operator di Indonesia. Misalnya untuk yang suka mengirimkan SMS maka bisa membeli paket SMS. Begitu juga sebaliknya, jika lebih sering telepon maka beli paket telepon saja sehingga saldo pulsa tidak mudah kandas.

3. Menggunakan Sistem Panggilan Terintegrasi dengan Paket Data

Pulsa cenderung lebih mudah habis jika digunakan untuk telepon. Ada baiknya kebutuhan telepon menggunakan sistem panggilan terintegrasi dengan paket data. Misalnya menelpon lewat WhatsApp yang membuat biaya telepon diambil dari paket data bukan saldo pulsa seluler. Hal ini bisa menghemat pulsa secara signifikan.

4. Memakai Kartu Pasca Bayar

Tips selanjutnya adalah mencoba menggunakan kartu pascabayar, sehingga pembayaran hanya dilakukan sekali di akhir bulan. Kebanyakan operator seluler menawarkan kartu pasca bayar untuk telepon rumah.

Namun kartu tersebut juga bisa digunakan untuk handphone genggam atau smartphone. Sehingga tidak perlu mengisi ulang pulsa saat pulsa habis, melainkan bisa terus dipakai berkomunikasi dan tagihan akan muncul di akhir bulan.

5. Hanya Menelpon dan Kirim SMS ke Sesama Operator

Jika ingin saldo pulsa lebih hemat maka selalu gunakan untuk komunikasi ke sesama operator. Misalnya saja saat ini menggunakan kartu im3 maka gunakan pulsa untuk mengirim SMS dan telepon ke sesama im3. Selebihnya bisa menggunakan paket data lewat aplikasi pesan instan. Baik itu dengan WhatsApp, Line, Telegram, atau yang lainnya.

Tips di atas akan membantu mengontrol saldo pulsa agar tidak terlalu boros. Sehingga tidak lagi khawatir pulsa cepat habis karena alasan yang tidak jelas. Jika sukses diterapkan maka bisa menghemat anggaran dan bisa dialokasikan untuk tabungan atau kebutuhan lainnya.

Download Aplikasi Indotel