Bisnis pulsa meskipun memiliki pelanggan yang banyak dan selalu dibutuhkan, bukan berarti tidak perlu melakukan promosi. Bisnis ini adalah bisnis dengan masa depan cerah dan terjamin sehingga tidak sedikit orang menekuninya. Persaingan pun ketat dan membuat kegiatan promosi penting untuk dilakukan. Lalu, teknik promosi seperti apa yang harus dijalankan?
Teknik Promosi Bisnis Pulsa
Jualan pulsa bisa dilakukan secara online maupun offline, ada baiknya menjalankan bisnis ini dari kedua versi tersebut. Sehingga bisa lebih mudah menjaring banyak pelanggan dari banyak tempat. Supaya omset penjualan selalu memuaskan maka perlu diimbangi dengan kegiatan promosi.
Ada banyak teknik promosi bisa diterapkan, dan untuk bisnis pulsa berikut beberapa rekomendasinya:
1. Memasang Papan Nama atau Spanduk
Jika menjalankan bisnis pulsa dengan mendirikan konter fisik, maka jangan lupa untuk memasang papan nama atau spanduk. Sehingga memberikan informasi kepada para tetangga dan siapa saja yang lewat jika menyediakan pulsa maupun produk pelengkapnya. Seperti paket internet, kartu perdana, dan lain sebagainya.
2. Memasang Papan Penunjuk Jalan
Jika konter pulsa yang dimiliki tidak berada di jalan utama atau bisa dikatakan kurang strategis. Maka bisa menambahkan papan penunjuk jalan, dan termasuk ke dalam media promosi offline. Papan penunjuk jalan membantu siapa saja menemukan konter pulsa yang dimiliki. Sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pembelian.
3. Promosi di Media Sosial
Media sosial memiliki efek yang sangat besar dalam dunia bisnis, sebab digunakan banyak orang dan kemudian menjadi target pemasaran bisnis di bidang apapun. Termasuk juga bisnis pulsa, oleh sebab itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi.
Buatlah akun bisnis baik itu di Facebook maupun Instagram, bisa juga membuat akun khusus jualan pulsa di media sosial lain seperti Twitter dan LinkedIn. Aktif di media sosial membuat bisnis pulsa lebih dikenal. Sehingga bisa melayani pelanggan dari berbagai wilayah.
4. Menawarkan Pulsa di WhatsApp
Media promosi online berikutnya adalah WhatsApp, dan memang menyediakan teknik promosi yang efektif dan sifatnya personal. Sebab semua konten promosi akan dilihat oleh mereka yang kontaknya disimpan. Sehingga setiap pelanggan yang melakukan pembelian bisa disimpan kontaknya, yang kemudian ditawarkan pulsa secara berkala lewat aplikasi pesan instan satu ini.
5. Promosi Lewat Kualitas Layanan
Jika ingin sukses dengan bisnis pulsa maka persoalan kualitas pelayanan tidak bisa diabaikan. Mampu melayani pembeli dengan baik dan juga membuat mereka percaya sekaligus nyaman adalah kunci.
Mereka akan kembali melakukan pembelian pulsa dan produk dagangan lainnya karena sudah merasa nyaman dan percaya. Tanpa teknik promosi ini maka sebagus apapun spanduk dan konten di media sosial tidak akan memberi efek maksimal.
Teknik promosi dalam dunia bisnis memang sangat beragam, dan beberapa ideal untuk mendorong perkembangan bisnis pulsa. Jadi cara-cara promosi yang disebutkan di atas bisa dicoba untuk mendukung bisnis pulsa yang dijalankan.