5 Tahap Belanja Produk Kebutuhan di Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace besar di Indonesia dan menjadi destinasi favorit banyak orang untuk berbelanja secara online. Ada banyak produk dijajakan para penjual di seluruh Indonesia bisa ditemukan disini. Bagi pelanggan setia dijamin sudah khatam mengenai tata cara belanja di Tokopedia. Lalu, bagi pengguna baru bagaimana memulai kegiatan belanja di marketplace ini?

5 Tahap Belanja Produk Kebutuhan di Tokopedia

Cara Belanja Produk di Tokopedia

Belanja di Tokopedia dijamin mudah, karena memang tampilannya dibuat sederhana dan bersahabat untuk semua kalangan. Belanja bisa dilakukan lewat browser dan bisa juga dengan aplikasi. Silahkan instal dulu aplikasi Tokopedia di App Store maupun Play Store, jika sudah ikut langkah-langkah belanja berikut ini:

1. Mencari Produk yang Dibutuhkan

Langkah pertama untuk berbelanja produk di Tokopedia adalah mencari produk itu sendiri. Silahkan buka aplikasi Tokopedia, dan pada halaman utama di bagian paling atas tersedia kolom pencarian dengan logo kaca pembesar. Silahkan di klik dan ketik merek, jenis, atau nama produk yang dibutuhkan.

2. Memilih Produk yang Sesuai

Setelah mengetik kata kunci pencarian produk, sistem di Tokopedia akan menampilkan produk-produk yang sesuai dan berhubungan. Silahkan menentukan pilihan dari sekian rekomendasi yang muncul.

Bisa menggunakan fitur Filter untuk menyederhanakan rekomendasi. Pilihan bisa mempertimbangkan reputasi atau penilaian toko, harga produk, lokasi toko, ada tidaknya fasilitas gratis ongkir, dan lain-lain.

3. Mengisi Formulir Pemesanan

Setelah produk dipilih maka tinggal tekan tombol “Keranjang Belanja” atau tombol “Beli” untuk pembelian secara langsung. Berikutnya akan diarahkan ke halaman khusus formulir order yang berisi detail orderan.Sekaligus informasi mengenai alamat pengiriman, bisa diatur di bagian profil. Bisa memasukan beberapa alamat sekaligus kemudian dipilih salah satu saat melakukan order.

4. Pilih Ekspedisi dan Metode Pembayaran

Tahap selanjutnya adalah memilih jasa ekspedisi yang akan digunakan, ada yang sifatnya gratis dan ada yang berbayar. Bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan selera. Baru kemudian ke tahap pemilihan metode belanja yang tersedia banyak sekali pilihannya. Seperti transfer bank, ke minimarket terdekat, LinkAja, OVO Cash, dan lain-lain.

5. Cek Status Pesanan

Setelah pembayaran selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah mengecek status pesanan. Saat pesanan diproses penjual maka statusnya juga akan demikian. Jika sudah dikirimkan maka tombol “Lacak” akan aktif dan bisa di klik untuk melihat progres pengirimannya sudah sampai mana.

Jika barang sudah diterima segera konfirmasi dan berikan penilaian. Jika ada komplain, silahkan tekan tombol “Komplain” yang disediakan Tokopedia.

Jadi, sangat mudah sekali untuk bisa berbelanja produk apapun di Tokopedia. Jangan lupa untuk memasukan berbagai promo, baik itu potongan harga langsung maupun cashback. Cashback nantinya akan diubah menjadi Toko Point yang bisa dipakai belanja di transaksi berikutnya, dan akan didapatkan setelah pesanan diterima.

Download Aplikasi Indotel