5 Poin Supaya Belanja di Shopee Terjamin Aman

Suka atau terbiasa belanja di Shopee? Dijamin iya, karena Shopee memang menjadi destinasi menarik untuk kebutuhan belanja online. Shopee menawarkan lebih banyak produk karena ada lebih banyak penjual menggelar lapak online disini. Hanya saja, sebagai pembeli tentu paham bahwa belanja di marketplace seperti Shopee pun ada resiko tertipu.

5 Poin Penting agar Belanja di Shopee Terjamin Aman

Poin-Poin Penting untuk Diperhatikan

Menghindari resiko penipuan dengan berbagai modus, mulai dari pesanan tidak sesuai foto sampai produk yang dibeli tidak dikirimkan oleh penjual. Maka ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar keamanan bertransaksi online di Shopee lebih terjamin. Berikut poin-poin tersebut:

1. Tidak Bertransaksi di Luar Platform

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah mengabaikan permintaan penjual untuk bertransaksi di luar platform. Misalnya mencoba meminta pengguna atau pembeli untuk mentransfer jumlah pembelian ke rekening pribadi penjual. Usahakan hal ini tidak dilakukan, karena Shopee sendiri sudah punya ShopeePay.

Selain itu, masih banyak lagi metode pembayaran bisa digunakan oleh pembeli. Akan sangat aneh jika penjual meminta transaksi dilakukan dengan transfer ke rekening pribadi. Jadi, apapun alasan yang dipakai penjual sebaiknya diabaikan dan mencoba beralih ke lapak lain.

2. Melindungi Data Pribadi

Data pribadi di akun Shopee sebaiknya dilindungi dengan baik, yakni tidak memberikan data pribadi dengan mudah. Misalnya mengenai nama akun, nomor handphone yang didaftarkan di Shopee, password, sampai kode OTP. Bahkan Shopee menjelaskan bahwa karyawan mereka sendiri tidak memiliki hak untuk mendapatkan kode OTP para pengguna.

3. Update Password Secara Berkala

Poin selanjutnya adalah mengenai password, jadi di Shopee saat login ke akun perlu memasukan username yang bisa diganti dengan alamat email atau nomor handphone. Kemudian memasukan password, usahakan password ini diganti berkala untuk menghindari pembobolan.

Khawatirnya ada yang meretas akun kemudian mengaktifkan ShopeePay Later dan dipakai belanja sepuasnya. Tagihan tentu atas nama pengguna, dan hal ini tentu merugikan pengguna tadi. Maka password wajib diganti berkala dan pastikan cukup rumit.

4. Cek Reputasi Penjual

Poin selanjutnya adalah reputasi penjual, bisa dilihat dari performa chat, penilaian pembeli, dan juga ulasan produknya. Jika memang sudah meragukan dan penilaiannya buruk. Ada baiknya beralih ke toko lain yang lebih terpercaya.

5. Harga, Foto, dan Deskripsi Produk

Poin berikutnya adalah berkaitan dengan detail produk. Yakni mencakup harga, foto produk, dan deskripsinya. Pastikan bagus dan dikelola profesional, dari segi harga sebaiknya mencari yang wajar. Jangan terlalu murah maupun terlalu mahal karena justru menjadi ciri khas aksi penipuan.

Lima poin di atas akan sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan, supaya keamanan akun Shopee dan transaksi apapun yang dilakukan di dalamnya lebih aman. Jadi, silahkan diterapkan agar tidak lagi merasa was-was.

Download Aplikasi Indotel