5 Keuntungan Jualan di Marketplace

Ingin menekuni bisnis jualan online? Maka untuk memudahkan proses merintis bisnis ini, pertimbangkan untuk jualan di marketplace. Misalnya di Tokopedia, Blibli, Shopee, atau yang lainnya. Umumnya orang jualan di marketplace membuat akun di semua marketplace populer. Kenapa bisa begitu?

5 Keuntungan Jualan di Marketplace

Apa Keuntungan Jualan di Marketplace?

Jualan online memang tidak hanya bisa dilakukan di marketplace, namun bisa juga di media lainnya. Mulai dari media sosial, website, forum diskusi online, dan lain sebagainya yang sama-sama potensial. Namun, harus diakui penjual online masa kini kebanyakan memilih berdagang di marketplace terutama yang populer dan punya banyak pengguna.

Hal ini terjadi, karena memang jualan di marketplace memberi lebih banyak keuntungan. Diantaranya adalah:

1. Tidak Perlu Repot Membuat Website dan Aplikasi

Marketplace hadir dalam versi website sekaligus aplikasi, sehingga semua penjual yang membuka lapak di dalamnya akan terhubung ke dalam dua versi tersebut. Padahal cukup membuat akun saja tanpa perlu keluar biaya, sehingga tidak perlu repot untuk mengurus pembuatan website dan aplikasi yang biayanya tinggi.

2. Seketika Toko Terlihat Profesional

Membuat toko di marketplace maka akan terbantu sekali untuk membuat toko secara profesional. Sebab akun setiap toko didesain punya template atau tampilan sama, yakni ada detail profil, deskripsi toko, dan tampilan detail produknya juga dibuat sama.

Semua template ini sudah disesuaikan dengan standar yang membuat toko terlihat profesional sehingga tidak perlu repot-repot melakukan branding. Apalagi beberapa marketplace punya prosedur ketat dalam membuat akun jualan. Berhasil membuat akun di dalamnya menjadi bukti kredibilitas toko yang dimiliki di mata publik.

3. Mudah dan Cepat Mendapatkan Pelanggan

Jualan di marketplace tinggal membuat toko dan menunggu adanya pembeli. Selebihnya sudah dikelola oleh pemilik marketplace, seperti memasang iklan di mesin pencari, media sosial, dan lain sebagainya. Sehingga jualan di marketplace mendorong toko segera punya pembeli. Bahkan dalam hitungan hari sudah ada pembeli pertama.

4. Gratis Tanpa Repot

Membuat lapak jualan di marketplace sifatnya gratis, dimanapun marketplace yang dipilih di Indonesia. Sehingga sama seperti media sosial, pembuatan akun tidak dipungut biaya sehingga para penjual hanya butuh modal kuota. Selanjutnya jika ada transaksi pembelian, baru ada biaya sekian persen sesuai kebijakan marketplace tersebut.

5. Bisa Dihubungkan ke Media Online Lain

Akun marketplace juga bisa dihubungkan ke media lain untuk membantu meningkatkan omset penjualan. Misalnya membagikan link akun ke media sosial, salah satunya ditaruh di link bio Instagram. Sehingga pembeli yang ingin bertransaksi di marketplace agar gratis ongkir bisa diarahkan untuk klik link di bio.

Keuntungan yang diberikan marketplace tentunya memberi kemudahan bagi penjual untuk menggelar lapak. Silahkan memilih marketplace yang populer sekaligus yang biayanya paling murah. Sebab setiap transaksi yang terbentuk, ada potongan atas jasa mereka selaku penyedia media.

Download Aplikasi Indotel