5 Keuntungan COD Belanja di Marketplace

Suka belanja di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya? Dijamin semua orang merasa lebih nyaman belanja di marketplace karena selain dijamin aman dan pilihan produknya banyak. Juga metode pembayaran yang lengkap, selain bisa transfer bisa pakai dompet digital dan juga pakai metode COD.

5 Keuntungan COD Belanja di Marketplace

Apa Itu COD?

COD atau Cash On Delivery adalah metode pembayaran dengan tatap muka langsung antara penjual dan pembeli. Sistem COD semakin umum dilakukan untuk mencegah masalah yang dialami oleh pembeli. Seiring berjalannya waktu metode pembayaran COD ini juga diterapkan di marketplace. Hanya saja pembayaran produk dilakukan ke kurir.

Baca Juga: 6 Tips Belanja Super Murah di Marketplace

Keuntungan Bayar Pakai Sistem COD

Metode pembayaran COD perlu diakui memberi sejumlah keuntungan, terutama bagi pihak pembeli. Keuntungan tersebut antara lain:

1. Jaminan Barang yang Dikirim Berkualitas

Keuntungan yang pertama adalah mendapatkan jaminan bahwa produk yang dikirim penjual memang berkualitas. Minimal sesuai dengan deskripsi dan juga kisaran harganya di marketplace. Sebab barang diterima sebelum menyerahkan yang pembayaran ke kurir, sehingga bisa diperiksa terlebih dahulu.

2. Kontrol Belanja Lebih Mudah

Sistem COD juga memudahkan pembeli untuk mengontrol produk yang akan dibeli. Sudah sesuai kebutuhan atau belum, karena nantinya akan dibayar tunai sehingga menyesuaikan dengan jumlah uang di dompet. Tanpa resiko bisa bayar belakangan dengan sistem pay later di sejumlah marketplace.

3. Bebas Biaya Kirim Jika Barang Tidak Sesuai

Jika membayar dengan sistem COD maka pada saat barang tidak sesuai misalnya cacat, salah ukuran, salah warna, salah jumlah, dan lain-lain. Maka sebagai pembeli tinggal meminta kurir mengembalikan barang ke alamat penjual. Pembeli tidak perlu repot packing dan menanggung ongkos kirim ke alamat penjual lagi.

4. Memperkecil Resiko Penipuan

Pernah membeli barang di marketplace kemudian tidak dikirimkan? Misalnya yang diterima hanya bungkus kosong tanpa isi? Mencegah penipuan seperti ini maka sistem COD bisa dipilih karena barang datang diperiksa dulu baru dibayar. Jika kosong maka bisa mengajukan komplain dan transaksi dibatalkan oleh pihak marketplace.

5. Aman Bagi yang Tidak Punya Alat Pembayaran Digital

Tidak punya rekening di bank? Alamat rumah juga jauh dari minimarket? Atau mungkin tidak bisa pakai dan tidak punya dompet digital? Maka tetap bisa belanja online di marketplace dengan memakai sistem COD. Sehingga bisa membayar dengan uang tunai ke kurir pada saat barang yang dipesan diterima, hal ini membantu siapa saja belanja online bebas ribet.

Dengan segala keuntungan yang diberikan, metode pembayaran COD saat belanja di marketplace bisa dipertimbangkan. Hanya saja ada beban layanan COD sehingga perlu dipertimbangkan. Selain itu, perlu paham aturan COD di marketplace agar tidak menyalahi aturan yang sudah ada. Terutama saat komplain atau retur produk.

Download Aplikasi Indotel