5 Cara Pembayaran Listrik Online Mudah Dan Murah

Pembayaran listrik online telah menjadi tren bagi masyarakat saat ini. Kemudahan serta keuntungan yang ditawarkan sangat menarik. Fungsi listrik bagi kehidupan sangatlah penting. Bukan hanya sebagai sumber daya untuk penerangan namun masih banyak lagi. Seperti kebutuhan rumah tangga, pekerjaan, bisnis hingga fasilitas umum.

Dalam kehidupan rumah tangga kita memerlukan listrik untuk banyak keperluan. Mulai dari memasak, mencuci, penerangan rumah dan banyak lagi kebutuhan lainnya. Dengan banyaknya penggunaan tentunya kita harus melakukan pembayaran atau pembelian token listrik secara teratur.

Cara Pembayaran Listrik Online Mudah Dan Harga Yang Murah

Pembayaran listrik merupakan sebuah keharusan yang kita lakukan sebagai pengguna layanan listrik. Karena terdapat denda jika kita telat melakukan pembayaran. Untuk menghindari hal itu, saat ini pembayaran listrik online telah tersedia banyak cara. 4 cara pembayaran yang dapat kamu gunakan, yaitu:

1. Aplikasi PLN Mobile

PT Perusahaan Listrik Indonesia (PLN) merupakan badan usaha milik negara yang melayani berbagai kebutuhan listrik keseluruh penjuru Indonesia. PLN Mobile merupakan salah satu cara meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Kamu dapat melakukan pembayaran listrik online menggunakan aplikasi ini. Bukan hanya itu saja tetapi kamu juga dapat mengajukan pemasangan baru atau menaikan daya dan juga perbaikan. Selain itu terdapat fitur lain seperti untuk kebutuhan internet dan menemukan lokasi SPKLU.

2. Menggunakan apliksi E Wallet

Cara selanjutnya kamu dapat menggunakan aplikasi e wallet atau dompet digital. Sesuai dengan namanya kita melakukan berbagai pembayaran non tunai dengan aplikasi ini. Tak terkecuali dengan pembayaran listrik online. Cara yang perlu dilakukan cukup sederhana sehingga siapa saja dapat menggunakannya. 

3. Menggunakan aplikasi mobile banking

Ketika kamu memiliki sebuah tabungan rekening disuatu bank tentunya akan tersedia layanan mobile banking. Bukan hanya untuk transfer uang, tetapi dalam aplikasi ini tersedia fitur yang dapat kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik atau membeli token. Tentunya dengan cara yang mudah dan cepat.

4. Aplikasi top up 

Selanjutnya dengan menggunakan aplikasi top up tertentu. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh kounter-kounter pulsa untuk menjadi mitra kerjanya. Tapi kamu juga dapat menggunakannya untuk kebutuhan pribadi. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Indotel. Aplikasi ini menyediakan berbagai produk bukan hanya untuk pembayaran listrik online tapi masih banyak lagi. Seperti pulsa dan paket data, voucher game, pembayaran tagihan, pembelian tiket dan sebagainya.

5.Datang ke kounter pulsa terdekat

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu datang ke kounter terdekat. Pembayaran listrik online ini mungkin akan memerlukan sedikit waktu, tenaga dan juga niat. Karena harus keluar rumah dan pergi ketempat tertentu. Namun cara ini merupakan cara paling efektif ketika kamu tidak memiliki satupun aplikasi diatas. 

Kelebihan Pembayaran Listrik Online

Segala hal yang dilakukan secara online akan membuat kita merasa dipermudah. Termasuk ketika membayar listrik. Banyak kelebihan yang dapat dirasakan, antara lain:

Lebih hemat waktu

Buat kamu yang memiliki kesibukan yang sangat padat, melakukan pembayaran listrik secara online lebih membantu. Apalagi ketika kamu masih menggunakan layanan listrik pascabayar. Akan dikenakan denda jika telat dalam melakukan pembayaran tagihan. Namun bukan masalah besar lagi jika kamu melakukan pembayaran secara online. Karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Lebih hemat tenaga

Kelebihan selanjutnya adalah lebih hemat tenaga. Selain hemat waktu, dengan kamu dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun juga dapat menghemat tenaga. Karena pergi ke ATM atau kantor cabang terdekat. Dan satu lagi tidak perlu capek-capek antri.

Lebih hemat biaya

Selain hemat waktu dan tenaga kamu juga dapat menghemat biaya. Dengan hanya duduk dirumah saja kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk melakukan sebuah perjalanan. Selain itu dengan menggunakan aplikasi e wallet atau aplikasi top up banyak diskon dan promo menarik. Dengan begitu juga dapat lebih hemat uang.

Mencegah terjadinya keterlambatan

Sudah kita bahas bahwa pembayaran listrik online sangat efisien waktu. Jadi kamu tidak perlu takut jika terjadi keterlambatan. Karena kamu dapat melakukannya bahkan malam sebelum waktu tempo habis.

Data lebih aman

Ketika kamu melakukan pembayaran listrik dengan menggunakan aplikasi dari ponsel tentunya lebih aman. Selain keamanan data yang lebih terjamin daftar riwayat pembelian juga otomatis tersimpan. Dengan begitu kamu tidak perlu pusing memikirkan struk yang hilang untuk data pengeluaran.

Itulah beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan ketika melakukan pembayaran listrik online. Baik menggunakan aplikasi tertentu maupun lewat penyedia jasa semua memiliki kelebihan yang dapat kita rasakan secara nyata. Dampak positif lainnya yaitu membuka lapangan pekerjaan dan peluang bisnis bagi masyarakat. Karena kita sadari bahwa tidak semua kalangan masyarakat Indonesia melek akan kemajuan teknologi yang ada. Terutama kalangan dengan keadaan ekonomi menengah kebawah.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar??? Yuk Download Aplikasi Indotel, Raih Banyak Bonusnya