4 Trik agar Sukses Jualan di Instagram

Selama ini aktif menggunakan Instagram? Dijamin iya, karena Isntagram termasuk ke dalam daftar media sosial populer dengan banyak fitur menarik untuk bersosialisasi di dunia maya. Menariknya, Instagram tidak hanya mendukung kegiatan bersosialisasi saja melainkan juga untuk berbisnis. Termasuk bisnis niaga atau bisnis jualan. Namun, bagaimana trik agar jualan di media sosial ini bisa sukses?

4 Trik agar Sukses Jualan di Instagram

Trik Sukses Jualan di Instagram

Instagram kini sudah hadir dalam versi yang lebih bersahabat untuk pelaku bisnis dibanding beberapa tahun yang lalu. Terlihat dari hadirnya akun bisnis yang memiliki fitur-fitur tambahan yang artinya lebih kompleks dibanding akun reguler. Supaya jualan lancar dan sukses di Instagram, beberapa trik berikut patut untuk diterapkan:

1. Pastikan Membuat Akun Bisnis

Trik pertama untuk bisa jualan dengan sukses di Instagram adalah dengan membuat akun bisnis. Jadi jangan jualan di akun reguler, karena alasannya sangat beragam. Dimulai dari kredibilitas yang sudah terjamin, karena ada ketentuan khusus dalam pembuatan akun bisnis. Misalnya sudah membuat fanpage di Facebook.

Selain itu sudah ada banyak fitur yang mendukung kegiatan jualan, seperti fitur untuk mengecek insight dari postingan, fitur pengiriman pesan lewat tombol khusus di bagian profil akun, fitur iklan berbayar, dan lain sebagainya. Sehingga lewat fitur-fitur ini pergerakan toko online yang dibangun menjadi lebih luas.

2. Maksimalkan Profil

Trik berikutnya adalah memaksimalkan profil, tidak hanay foto profil yang profesional dengan mengutamakan penggunaan logo toko online. Namun juga menambahkan berbagai keterangan di bagian bio. Jika memiliki website maka cantumkan link websitenya, jika ada banyak marketplace gunakan Linktree untuk menghubungkan akun ke media-media lain.

Cantumkan pula informasi mengenai produk maupun layanan yang disediakan. Sehingga sekali berkunjung pengguna Instagram langsung tahu toko tersebut jualan apa.

3. Hubungkan dengan Media Jualan Lain

Jualan di Instagram akan lebih mudah laris jika akun dihubungkan ke media jualan lain. Mulai dari media sosial lain seperti Facebook maupun Twitter, sampai dihubungkan ke kontak WhatsApp, Line, akun marketplace populer, dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan pengunjung akun untuk langsung melakukan aksi saat ingin melakukan pemesanan.

4. Post Foto Produk Semenarik Mungkin

Instagram mewajibkan penggunanya untuk memposting foto setiap kali mempublikasikan aktivitas apapun, termasuk aktivitas jualan. Jadi, perlu menyiapkan foto jualan baik itu foto produk, foto orang memakai produk, maupun konten edukatif yang berhubungan dengan produk namun tanpa menampilkan foto produk di dalamnya. Pastikan foto dibuat menarik supaya terlihat estetik dan profesional, hal ini akan membantu mendapatkan kepercayaan pengguna Instagram.

Trik di atas tentu terbilang simpel, yang artinya sangat mudah untuk dipraktekan. Jadi silahkan dicoba, dan untuk proses jualan online memang kadang harus sabar. Butuh waktu untuk mendapatkan pembeli, karena perlu didahului dengan kegiatan branding agar mampu menarik kepercayaan pengguna Instagram.

Download Aplikasi Indotel