4 Tips Aman dan Nyaman Belanja di Tokopedia

Belanja online di Tokopedia memang super praktis karena bisa memenuhi aneka kebutuhan tanpa perlu keluar rumah. Semua produk yang dibeli kemudian akan dikirimkan lewat jasa ekspedisi dari lokasi penjual ke lokasi penerima, baik itu alamat rumah, kantor, maupun yang lainnya. Hanya saja, belanja online di Tokopedia juga ada tips khusus agar aman dari penjual nakal.

4 Tips Aman dan Nyaman Belanja di Tokopedia

Tips Aman Belanja di Tokopedia

Belanja di marketplace seperti Tokopedia memang memberi fasilitas untuk mengajukan komplain. Komplain ini untuk produk yang tidak sesuai pesanan, rusak, dan lain sebagainya sehingga bisa diteruskan ke penjual. Meskipun begitu, tentu prosesnya memakan waktu lama dan ada kalanya sudah sesuai foto namun kualitasnya mengecewakan.

Agar terhindar dari resiko penipuan dalam modus apapun, maka simak tips aman belanja di Tokopedia berikut ini:

1. Perhatikan Ulasan Toko

Tips aman yang pertama adalah memperhatikan ulasan atau penilaian toko yang dipilih. Jadi, utamakan dulu produk yang sudah memiliki histori penjualan atau sudah pernah laku. Sehingga ada penilaian yang bisa di cek, baik itu dari jumlah bintang maupun komentar yang ditinggalkan pembeli.

Ulasan dari pembeli sebelumnya bisa dijadikan bahan pertimbangan sekaligus menentukan seberapa bagus produknya. Bahkan bisa membantu mendapatkan informasi apakah produk di toko tersebut original atau sebaliknya. Sehingga mengecek ulasan adalah langkah awal agar transaksi dijamin aman.

2. Cek Kualitas Foto Produk

Tips selanjutnya adalah mengecek kualitas foto produk yang digunakan oleh penjual. Kenapa? Sebab penjual yang terpercaya dijamin akan menggunakan foto sendiri dan kualitasnya juga bagus. Terlihat dari foto produk yang tidak pecah, ditampilkan secara detail dari berbagai sudut, dan tidak ada hasil editan.

3. Baca Deskripsi dengan Seksama

Sebelum menekan tombol Beli di Tokopedia pastikan untuk mengecek dulu deskripsi produknya. Sebab judul atau nama produk bisa jadi mengandung unsur clickbait oleh beberapa penjual.

Sehingga jika kurang jeli bisa jadi produk yang diterima beda jauh dengan foto di tokonya. Oleh sebab itu penting untuk meluangkan waktu membaca deskripsi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk produk elektronik dan fashion melainkan untuk semua jenis produk.

4. Utamakan Toko Official

Tips terakhir bisa dengan mengutamakan toko official, biasanya bertanda khusus di Tokopedia. Selain itu bisa memilih toko yang terhubung langsung dari akun media sosial sebuah brand atau produk.

Toko official atau toko resmi dijamin menjual produk original, layanannya pun biasanya lebih profesional. Jika beruntung bisa menemukan toko official yang menawarkan gratis ongkir ekstra di Tokopedia sampai 4 kilogram bahkan lebih.

Tips di atas akan membantu menikmati transaksi belanja yang aman dan nyaman di Tokopedia. Oleh sebab itu, jangan buru-buru saat melakukan pembelian produk. Cek dulu reputasi toko, ulasan produknya, dan aspek lain seperti yang dijelaskan di atas.

Download Aplikasi Indotel